BEM U adakan Pembekalan Penulisan PKM untuk Mahasiswa yang mengajukan PPA dan Mawapres

WhatsApp Image 2019-03-08 at 20.27.45

Mugas (08/03). Badan Eksekutif Mahasiswa Unisbank (BEM-U) menggelar pembekalan penulisan proposal Program Kreativitaas Mahasiswa (PKM) pada hari Jum’at lalu (08/03). Acara yang diharidi oleh para mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) maupun mahasiwa yang pada tahun ini mengikuti seleksi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres). Acara ini dimulai pada pukul 08.15 yang diawali dengan pembukaan acara oleh Kiki selaku pembawa acara, juga pembacaan sambutan sekaligus membuka acara oleh ketua panitia yakni Rosita. Acara ini menghadirkan dua narasumber yaitu Safurrohman, S.Kom., M.Cs. atau yang akrab disapa Pak Ipung selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Unisbank, dan Luhtfitasari selaku mahasiswa yang lolos PKM tahun 2017 pendanaan 2018.

Dalam acara ini, Pak Ipung memberikan materi seputar apa itu PKM, apa tujuan adanya PKM, mengapa mahasiswa perlu ikut dan menulis program PKM, serta pembagian skim PKM dan aturan-aturan yang ada dalam penulisan proposal PKM. Tahun 2018 ini skim PKM memang dikembangkan lebih luas. Yang awalnya hanya ada 5 bidang, kini menjadi 9 skim yaitu PKM-K (Kewirausahaan), PKM-T (Penerapan teknologi), PKM-KC (Karsa cipta), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-PE (Penelitian eksakta), PKM-PSH (Penelitian sosial humaniora), PKM-GT (Gagasan tertulis), PKM-AI(Artikel ilmah), dan yang terbaru PKM-GFK (Gagasan futuristik konstruktif). Beliau juga menyampaikan motivasi unutk para mahasiswa yang hadir di pertemuan ini agar tak berhenti mencoba untuk meraih sesuatu yang diinginkan. Pak Ipung juga membuk sesi tanya jawab unutk para mahasiswa yang penasaran dengan PKM. Karena banyak dari para audien yang masih semester 2 dan masih belum paham betul soal PKM.

Luhtfi sendiri tidak menyampaikan materi, melainkan membagikan pengalamannya sebelum, ketika, dan setelah timnya diumumkan lolos pendanaan pada pengajuan proposal PKM 2017 pendanaan 2018. Ia mengatakan membuat PKM itu memang susah dan membuat pusing, namun dibalik itu semua ada kepuasan tersendiri setelah membuat PKM yang menjadikan membuat proposal PKM ini menjadi suatu kegiatan yang selalu nagih dan mengasyikkan. Ia juga menyampaikan, dengan PKM ini membuat dia menjadi sering mengikuti pelatihan di luar kampus dan membuatnya bertemu temen-teman luar Unisbank yang menjadikannya sering bertukar pikiran dengan mahasiswa dengan latar belakang yang berbeda. Ia berharap, Unisbank kedepannya semakin banyak mengirimkan proposal PKM dan kelak ada mahasiswa yang bisa lolos sampai ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional).

Wakil Rektor Bidang III, Drs. Widiyanto Tri Handoko, M.Kom pihaknya berharap untuk kedapan akan lebih banyak proposal yang masuk untuk PKM dan berharap banyak juga yang lolos. Dengan demikian Unisbank akan lebih banyak memberikan beasiswa kepada mahasiswanya guna meningkatkan prestasi sekaligus mengapresiasi prestasi yang diraihnya.

Facebook
Google+
Twitter

Latest News

Mahasiswa Teknik Informatika Unisbank Lolos Seleksi Proposal Electromedical Innovation Competition 2019

Semarang(09/03).  Menyongsong Pekan Elektromedik Nasional 2019, tim dari mahasiswa Teknik Informatika Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang telah dinyatakan lolos seleksi proposal Electromedical Innovation Competition 2019 dan

Selengkapnya »