Skip links

Cara Menjaga Kerukunan dan Keberagaman Budaya

Indonesia terkenal akan keberagaman suku, budaya, dan bahasanya. Semua itu tersebar di ribuan pulau yang terpisahkan oleh laut.

Namun karena kekuatan persatuan yang begitu besar dari seluruh rakyat, negara Indonesia tetap berdiri kokoh dengan berbagai perbedaan yang ada.

Menjaga Kerukunan dan Keberagaman

Keberagaman suku dan budaya tentu juga menyebakan kepercayaan dan agama yang dianut masyarakat juga bermacam-macam. Keberagaman inilah yang membuat Indonesia tumbuh menjadi negera yang kokoh.

Keberagaman Budaya di Indonesia

Penduduk Indonesia saat ini tidak hanya terdiri dari pribumi saja, sebagian kecilnya juga terdapat ras campuran yang berasal dari negara luar.

Jika menelisik sejarah Indonesia, hal ini tentunya sangat tidak mengherankan. Oleh karenanya, masyarakat sendiri sejak dulu sebenarnya sudah terbiasa dan memahami keanekaragaman yang dimiliki bumi pertiwinya, sehingga dulu tidak ada masalah besar dalam cara menjaga kerukunan dan keberagaman di negeri ini.

Namun karena berbagai faktor, sayangnya di zaman sekarang, perbedaan suku, budaya, dan agama menjadi sesuatu yang sangat sensitif untuk dibicarakan. Masyarakat di masa ini menjadi lebih sentimen, terutama jika sudah membahas agama.

Beberapa kasus pelecehan ayat suci Al-quran hingga penembakan jemaat gereja sudah tercatat. Terlepas apakah kasus-kasus tersebut ada sangkut pautnya dengan suasana politik atau tidak, namun hal ini sangat memprihatinkan dan membuat banyak orang terpengaruh.

Tidak hanya dalam kasus agama, belum lama ini kasus rasisme juga terjadi di Surabaya. Dari berbagai kasus rasisme lain yang juga pernah terjadi, diskrimasi rasial ternyata cukup sering terjadi di masa ini.

Padahal di awal kemerdekaan, masyarakat Indonesia sangat memahami cara menjaga kerukunan dan keberagaman negerinya. Isu perbedaan suku, budaya, dan agama dulunya masih jauh dari kata sensitif jika dibandingkan dengan zaman sekarang.

Bagaimana Cara Menjaga Kerukunan di Tengah Perbedaan?

Ada berbagai cara menjaga kerukunan dan keberagaman yang wajib kita ketahui bersama. Namun yang paling penting dan mendasar ialah  dengan mulai mempelajari bagaimana sejarah negeri ini terbentuk.

Nanti dengan sendirinya kita akan memahami bahwa dulunya persatuan dan kemauan rakyat Indonesia untuk membangun negeri bersama-sama lebih besar dibanding mempermasalahkan keberagaman dan perbedaan yang ada.

Cara menjaga kerukunan dan keberagaman lainnya adalah dengan saling menghormati satu sama lain. Keberagaman di Indonesia merupakan sesuatu yang indah dan anugerah dari Tuhan.

Bukanlah sesuatu yang pantas untuk dipermasalahkan. Ingat selalu prinsip Bhinneka Tunggal Ika.

Walau berbeda-beda, bukan berarti tidak dapat bersatu. Selama tetap dalam tujuan yang sama, maka keberagaman suku, budaya, dan agama pun tidak akan menjadi rintangan dalam menciptakan negeri yang rukun dan damai.