Skip links

Dampak Besar Corona Terhadap Industri Pariwisata

Masa Pandemi sangat berdampak pada semua sektor termasuk industri pariwisata, Sebelumnya industri pariwisata yang ada di Indonesia tengah mengalami perkembangan yang cukup pesat usai tagar “Wonderful Indonesia” mulai dikenal dunia, tetapi selama masa pandemi ini baik turis lokal maupun mancanegara mengalami penyusutan jumlah yang sangat signifikan. Dari banyaknya sektor yang terkena dampak pandemi, Industri pariwisata merupakan salah satu yang terkena dampak terbesar dibanding industri-industri lainnya. Menurut “Worl Travel And Tourism Council” kerugian yang dialami Indonesia semenjak bulan januari dari industri pariwisata adalah kurang lebih 1,5 Miliar Dollar AS. Penutupan akses bagi turis-turis dari tiongkok merupakan salah satu alasan terbesarnya, Bulan febuari adalah Tahun baru Cina yang merupakan Peak season. Wisatawan dari tiongkok yang mendominasi banyaknya turis asing pada peak season kali ini.

            Virus Corona ini juga memaksa tutupnya banyak hotel pada masa pandemi ini, Sekitar ratusan ribu karyawan tetap juga dirumahkan dan hanya mendapatkan setengah gaji karna pandemi ini, yang membuat perkonomian para karyawan yang dirumahkan menurun, belum lagi karyawan yang statusnya sebagai DW(Daily Worker) yang kehilangan seluruh penghasilannya. Karyawan daily worker biasanya menerima bayaran kisaran 65.000-125.000 perharinya (tergantung kebijakan hotel dan UMR daerah tempat hotel berada) bisa dibayangkan dari 2 bulan tidak bekerja berapa penghasilan yang mereka lewatkan. Selain Hotel ada juga perusahaan perusahaan pendukung pariwisata yang mengalami kerugian lainnya seperti industri bus.

            Dilain sisi dari besarnya dampak Corona terhadap industri pariwisata, kita juga harus mencermati bahwa saat pandemi berakhir ada kemungkinan membludaknya wisatawan yang datang karna sudah sangat bosan dirumah. Buat kalian yang ingin berminat bekerja di Industri pariwisata bisa banget kuliah di Unisbank, Biaya kuliah disini juga terjangkau dan bisa dicicil, yuk langsung aja daftar di https://pmb.unisbank.ac.id/ Langsung daftar sekarang karna ada promo potongan Uang Gedung/SPI Sebesar Rp.1.000.000 Jangan sia siain kesempatan kalian.

Yuk!!! Persiapkan Masa depan kalian dari sekarang.