Skip links

Dimas Wahyu Notonagoro Mahasiswa Unisbank peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)

TALKSHOW Sharing Experience Kampus Merdeka dengan Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka telah berlangsung pada 6 Mei 2021 dengan menampilkan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Unisbank yang mengikuti program Kampus Merdeka.

Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang melibatkan 110 BUMN dan 136 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di seluruh Indonesia. PMBB ini telah mengikutsertakan lebih dari 16.400 mahasiswa untuk melakukan magang di semua BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia sejak semester kedua tahun 2018. PMMB merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan mahasiswa untuk mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia Unggul terutama dalam menghadapi persaingan global melalui link and match kurikulum industri dan Perguruan Tinggi.

Dimas Wahyu Notonagoro adalah salah satu mahasiswa dari Universitas Stikubank Semarang yang dapat berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) pada tahun 2021. Dengan nama lengkap Dimas Wahyu Notonagoro bertempat tinggal Perumahan Jatisari Permai, Jl. Jeruk 3, blok A11/12, Mijen, Semarang,  Dimas Wahyu Notonagoro ini ternyata dari mahasiswa FTI Universitas Stikubank Semarang angkatan tahun 2017 dengan program studi S1-Teknik Informatika dengan memiliki beberapa kemampuan dalam program My Sql, PHP, HTML dll. Dalam prosesnya bisa terpilih sebagai salah mahasiswa yang magang di PT.Perkebunan Nusantara IX dalam kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat(PMMB) ini ternyata beliau sudah beberapa kali ikut mencoba mencari informasi dari 2020, setelah itu mencoba ikut mendaftar dan seleksi pada tahun 2021 dan ternyata dengan kegigihannya beliau bisa keterima di PT. Perkebunan Nusantara. Dalam mengikuti kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) ini ada beberapa keuntungan yaitu Pengalaman di Dunia Industri, Uang  Jajan, Konfersi SKS, Sertifikat Bertaraf Nasional yang dimana bisa kita gunakan untuk mendaftar di PT BUMN lainnya. Hal yang penting yang harus kita bisa dalam kegiatan ini adalah Beradaptasi dan Menyesuaikan dengan keadaan yang ada di tempat kita magang.

Motifasi mas Dimas  mengikuti Kegiatan ini “saya ingin menguji skil sendiri yang sudah saya dapat di kampus dan juga dapat dari temen-temen yang lain yang ahli dari saya , nah itu saya pingin mengukur Apakah saya mampu gitu terjun di dunia luar atau dunia kerja, Kemudian saya juga pingin bisa beradaptasi dan beralajar lebih keras, Kemudian motifasi saya yang terakhir  mengikuti magang ini karena di PT.PN IX ini termasuk PT.PN yang memiliki FTI yang bagus, PT.PN yang memiliki TI bisa memproduksi banyak program aplikasi yang di gunakan untuk PT.PN dan HOLDING” ungkap Dimas Wahyu Notonagoro. Dalam megangnya kali ini juga sebagai strategi untuk mewujudkan cita-citanya membangun Bengkel Software dimana memproduksi atau membuat analisa dari cleane dari yang ingin membuat sofware.

Dengan adanya kegiatan bukan hanya mendapatkan setifikat dan konfersi SKS saja tapi akan masuk Item SKPI dan yang lebih kalah penting yaitu menambah Portofolio di saat lulus nanti dan kompetisinya sangat Terbuka, jadi mahasiswa yang ingin ikut PMMB Bacth ke-2 di usahakan dokumen yang dimasukan atau yang dikirimkan benar dan  untuk keahlian sebisa mungkin lebih Spesifik. (KA)