Skip links

Dosen FBIB, Agnes Widyaningrum dikukuhkan menjadi Doktor

Agnes Widyaningrum, S.E., S.Pd., M.Pd. yang merupakan Ketua Program Studi S1 Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya (FBIB)  Unisbank Semarang belum lama ini baru saja menyelesaikan  program doktornya di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Dengan dipromotori oleh Prof. Mursih Saleh, M.A., Ph.D, Agnes panggilan akrabnya mampu mempertahankan disertasi yang berjudul The effectiveness of  Cognitive Task Based Approach         Applied in Green Adventures in Teaching Reading as Reflected in Character Based English Syllabus dihadapan dewan penguji.

Dalam sidang terbuka ini (31/08/2018), Agnes menjelaskan pendekatan kognitif dalam pembelajaran bahasa inggris berbasis tugas itu efektif dalam pengajaran membaca untuk meningkatkan kemampuan komunikatif siswa. Tugas dengan menggunakan situasi otentik atau buatan dan tugas yang dikerjakan secara berkelompok sepertibermain peran atau diskusi dapat meningkatkan kompetensi berbicara interkultural peserta didik, ujarnya.

Lebih lanjut Agnes menuturkan, dengan menggunakan  metode campur dalam penelitiannya bertujuan untuk menguji keefektifan pendekatan kognitif berbasis tugas dalam pengajaran membaca, untuk mengetahui persepsi siswa terhadap peran guru dan mengetahui kebijakan dalam penyusuan silabus bahasa Inggris berbasis karakter, jelasnya.

Dengan dikukuhnya Agnes Widyaningrum, S.E., S.Pd., M.Pd sebagai doktor maka jumlah doktor di FBIB Unisbank bertambah menjadi 4 (empat). Rektor Unisbank Semarang, Dr.Safik Faozi,SH.M.Hum memberikan apresiasi kepada dosen lainnya untuk segera menyelesaikan program doktornya. Secara langsung jelas ini berpengaruh terhadap kualitas staf pengajar, ucapnya.