Dosen FTI Unisbank dampingi Warga Paguyuban Lentera Prigi Permai Mranggen – Demak bentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB)

warga melakukan diskusi pembentukan KUB dengan Unisbank semarang

Mranggen. Warga Paguyuban lentera prigi permai yang berlokasi di RT. 11 RW. 6 Desa Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak memiliki mata pencaharian yang sangat bervariasi. Sebagian besar kepala keluarga di lokasi ini memiliki berbagai macam profesi, sementara kaum wanitanya mayoritas adalah ibu rumah tangga biasa.

Akan tetapi, belum ada bentuk usaha bersama yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan perekonomian warga. Melihat itu, Tim Pengabdian dosen Unisbank Semarang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pendampingan kepada warga dalam mendirikan Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Kegiatan yang dilakukan selama bulan Agustus 2019 tersebut fokus pada pendampingan perihal pendirian untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang bekerjasama dengan pemerintah Desa setempat. Kemudian melakukan pendampingan dan pelatihan pengelolaan administrasi dan pembuatan perencanaan usaha yang baik. Begitu juga dengan pendampingan pembentukan manajemen pemasaran yang baik sehingga pasar yang dijangkau bisa semakin luas.

“Untuk mencapai keberhasilan kegiatan ini, tim menerapkan diskusi dan pelatihan praktis serta pemasaran oleh instruktur yang ahli dalam manajemen pemasaran, serta menginisiasi terbentuknya manajemen pengelolaan usaha yang baik. Dengan manajemen pemasaran yang baik melalui offline maupun online diharapkan dapat menjangkau daerah yang lebih luas untuk penjualan produk produk KUB,” ujar Eka Ardhianto, S.Kom., M.Cs. sebagai ketua kelompok pengabdian masyarakat ini.

Sementara itu modal usaha menjadi kendala yang harus dihadapi warga sekitar dalam mengembangkan usaha tersebut. Pendapatan yang minim dari kepala keluarga menjadikan tidak adanya uang simpanan untuk memulai atau menambah modal usaha mereka. Dalam pendampingan masyarakat diarahkan untuk meminjam dana dari Anggaran Desa yang tersimpan dalam anggaran Bina Usaha Desa tersebut guna menyelesaikan permasalahan keuangan sehingga dapat menjadi alternatif warga dalam hal permodalan usaha.

Hal ini juga disambut oleh Ketua RT di lingkungan, Jarsy Maradoni. “Terinterigrasinya usaha-usaha yang dimiliki masyarakat menjadi Kelompok Usaha Bersama (KUB) merupakan sebuah harapan besar terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Paguyuban Warga Lentera Prigi Permai” ungkapnya.

Facebook
Google+
Twitter

Latest News