Skip links

GLOBALISASI DALAM BIDANG TEKNOLOGI

Teknologi dan ilmu pengetahuan adalah dua hal yang saling terhubung dan sangat dibutuhkan semua orang di dunia. Karena memiliki nilai penting bagi setiap kehidupan dimasyarakat, oleh karena itu teknologi sangat dibutuhkan semua orang. Salah satunya adalah penerapan fitur tambahan dan pemanfaatannya.

Seiring berkembangnya teknologi di dunia saat ini, ada banyak hal yang dipengaruhi oleh teknologi dan memberikan dampak positif ataupun negatif. Contoh seperti Handphone yang semakin berkembang. Dari mulai dari bentuk fisik maupun visualnya. Dari segi fisik kita tahu selain menambah sistem pengunci yang lebih aman dengan cara fingertouch, handphone jaman sekarang juga dilengkapi dengan facelock bahkan ada yang menambah fitur dengan eyeslock yaitu dengan cara men-scan mata bagian retina. Selain itu handphone pada jaman sekarang sudah memiliki keunggulan dibagian camera dengan menambahkan fitur PhotoWide yaitu kecerdassan camera dalam mengambil gambar dengan cara memperlebar objek gambar sehingga hasil gambar tidak terpotong. Terlebih lagi dengan adanya fitur ZoomCam yaitu dengan pengambilan gambar jarak bisa lebih dekat dalam pengambilan objek jauh. Secara tidak langsung dapat membuka lapangan pekerjaan menjadi seorang Photography Hal ini lah yang dapat dikatakan faktor Globalisasi dalam bidang Teknologi.

Selain Handphone adapun globalisasi dalam bidang Teknologi yaitu diciptakannya mesin canggih. Kemajuan teknologi telah memberikan berbagai kemudahan dengan diciptakannya mesin-mesin canggih yang dapat meringngankan berbagai pekerjaan manusia. Contohnya yaitu terciptanya robot canggih yang berfungsi untuk memproduksi barang disebuah pabrik. Adanya mesin canggih tersebut dapat meningkatkan produksi barang yang diproduksi sebelumnya dilakukan dengan tenaga manusia, sehingga biaya produksi bisa lebih ditekan dan produksi dapat dilakukan dengan cepat. Kemajuan teknologi di era globalisasi juga mendorong negara jepang untuk menciptakan robot-robot unik dan canggih. Jepang yang merupakan salah satu negara maju memanfaatkan robot untuk membantu kegiatan warga jepang dalam beraktifitas. Bahkan jepang telah membuat robot bernama T-52 ENRYU yang dapat membantu proses mengevakuasi korban bencana alam

Namun tidak hanya yang positif saja. Dari hal tersebut juga didapatkan dampak negatifnya yaitu dengan maraknya kejahatan di dunia maya. Meningkatnya kejahatan didunia maya adalah dampak paling merugikan yang ditimbulkan di era globalisasi saat ini. Kemajuan teknologi yang disalahgunakan menjadi hal yang harus diperhatikan bagi negara-negara diseluruh dunia.kejahatan ini banyak ragamnya mulai dari pembajakan situs web, penipuan jual beli online pencurian rekenin dengan bantuan hipnoti melalui komunikasi telfon dan berbagai lainnya. Selain  itu dampaknya juga dapat berpengaruh dengan tergantinya tenaga manusia. Karena hampir pekerjan saat ini mengupgrade atau memperbarui hasil produksi dengan cara menggunakan mesin robot yanng sudah canggih. Sehingga tidak sedikit buruh pabrik yang terkena PHK akibat dari sistem produksi menggunakan teknologi.(SANIA/HMPS-TI)