Hukum Di Indonesia

hukum

            Indonesia merupakan sebuah negara hukum, Jika kita berbicara hukum secara luas di seluruh dunia, terdapat banyak jenis hukum yang dijalankan. Hukum secara garis besar merupakan sebuah aturan atau tatanan yang dibuat oleh sebuah organisasi untuk dipatuhi. Organisasi yang dimaksud bisa saja Negara,PBB,WHO atau organisasi lainnya, Terdapat juga beberapa hukum yang dilakukan berdasarkan adat istiadat yang sudah ada di daerah sekitar. Hukum yang telah dibuat biasanya harus dipatuhi oleh seluruh warga negara(untuk negara), Seluruh anggota(untuk organisasi) dan beberapa ketentuan khusus lainnya.

            Hukum di Indonesia merupakan campuran dari sistem hukum Eropa, hukum agama, dan hukum adat. Sebagian besar sistem yang dianut, baik perdata maupun pidana berbasis pada hukum Eropa, khususnya dari Belanda karena aspek sejarah masa lalu Indonesia yang merupakan wilayah jajahan dengan sebutan Hindia Belanda (Nederlandsch-Indie). Hukum agama karena sebagian besar masyarakat Indonesia menganut Islam, maka dominasi hukum atau syariat Islam lebih banyak terutama di bidang perkawinan, kekeluargaan, dan warisan. Selain itu, di Indonesia juga berlaku sistem hukum adat yang diserap dalam perundang-undangan atau yurisprudensi, yang merupakan penerusan dari aturan-aturan setempat dari masyarakat dan budaya-budaya yang ada di wilayah Nusantara.(wikipedia)

            Sistem hukum di Indonesia terbagi menjadi hukum Pidana dan Perdata. Hukum Pidana adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana, serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya, Sedangkan hukum perdata adalah ketentuan yang mengatur hak dan kepentingan antar individu dalam masyarakat. Tradisi hukum di daratan Eropa (civil law) mengenal pembagian hukum menjadi dua yakni hukum publik dan hukum privat atau hukum perdata. Dalam sistem Anglo-Saxon (common law) tidak dikenal pembagian semacam ini.

            Penjelasan singkat diatas merupakan gambaran bagaiman sistem hukum yang saat ini sedang berlangsung di negara kita Kalo kalian mau belajar lebih dalam lagi tentang ilmu hukum yuk gabung fakultas Hukum Unisbank Biaya kuliahnya Murah dan bisa dicicil yuk langsung aja daftar di https://pmb.unisbank.ac.id/ Langsung daftar sekarang karna ada promo potongan Uang Gedung/SPI Sebesar Rp.1.000.000 Jangan sia siain kesempatan kalian.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter