Skip links

Indah Widhi Prastika Mahasiswi Teknik Informatika Peserta Program Bangkit

TALKSHOW Sharing Experience Kampus Merdeka dengan Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka telah berlangsung pada 6 Mei 2021 dengan menampilkan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Unisbank yang mengikuti program Kampus Merdeka.

Program Bangkit merupakan salah satu model pembelajaran Kampus Merdeka yang dirancang melalui kolaborasi Google sebagai pelaku teknologi global, unicorn dan decacorn dalam negeri bersama perguruan tinggi. Program ini juga bekerjasama dengan Universitas Stanford melalui program University Innovation Fellow. Bangkit dirancang oleh Google dan dijalankan dengan dukungan dari sekian banyak  perusahaan mulai dari Gojek, Tokopedia, Traveloka, Deeptech Foundation. Program ini didesain guna memberi peserta penyampaian langsung dengan praktisi dari industri dan bisa mempersiapkan peserta dengan kemampuan yang relevan guna karir yang berhasil di perusahaan teknologi terkemuka. Tahun ini, Bangkit mendapat antusias yang luar biasa, hampir 28.000 pendaftar dari 500 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kemudian mereka mengikuti proses aplikasi dan seleksi yang komprehensif, 3000 mahasiswa lolos seleksi dan diundang untuk mendaftar. Dari mereka yang mendaftar, 30% adalah perempuan dan sekitar 29% diantaranya berasal dari latar belakang non CS / IT. 

Indah Widhi Prastika adalah salah satu dari enam mahasiswa dari Universitas Stikubank Semarang yang dapat berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Program  Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka (BANGKIT) pada tahun 2021. Dengan nama lengkap Indah Widhi Prastika bertempat tinggal jl.glintingan, gedawang, Banyumanik, Semarang. Indah Widhi Prastika ini ternyata dari mahasiswa FTI Universitas Stikubank Semarang angkatan tahun 2017 dengan program studi S1-Teknik Informatika dengan memiliki beberapa kemampuan dalam program Java Script, PHP, HTML, Computer Network dan sudah beberapa kali mengikuti sertifikasi, seperti Google IT Automation With Python, Dicoding, Google IT Support.

Dalam proses pembelajarannya sendiri selama 18 minggu dari mulai bulan Febuari sd 25 Juni, setelah itu dalam waktu satu minggu terakhir atau minggu trakhir mahasiswa bangkit menghabiskan waktu untuk mengerjakan tugas dari kegiatan bangkit sendiri selama 40 jam. Selain pembelajaran Teknologi di bangkit juga pembelajaran tentang Critical Thinking, Persuasi Leader dan  adanya mentor-mentor yang hebat dari Gojek, Clibre dll. Ada beberapa Hal yang harus di persiapkan untuk bisa mengikuti Program  Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka (BANGKIT), pertama adanya persetujuan dari Universitas karena itu paling penting, setelah itu untuk persyaratannya yaitu Mahasiswa S1/D4 Kampus  telah terdaftar sebagai kampus yang terakreditasi, Minimal sudah selesai semester 5 , berkomitmen untuk mengikuti pelatihan selama 40 jam/minggu dan menyelesaikan tugas-tugasnya dan yang terakhir adalah percaya diri kalau kita bisa.

Motifasi mbak Indah, ini membuat suka dengan dunia teknik informatika “saya ingin melatih logika dan problem solfing, di pemograman itu sebenernya proses menemukan solusi atas masalah yang di temukan”ungkap Indah. Untuk di Teknik Informatika sendiri tidak harus laki-laki jadi tidak ada ke setaraan gender cewek juga bisa untuk di teknik informatika.  “melatih cara berpikir, melatih untuk menyelesaikan masalah dan di dunia kerja itu teknik informatika cewek itu jarang sekali jadi kesempatan besar nih bagi saya, sebagai wanita untuk join di program ini untuk mempelajari ilmu teknologi”ungkap Indah. Ternyata banyak wanita-wanita hebat di balik google dan programing lainnya, kinerjanya tidak kalah hebat dengan laki-laki. (KA)