Inilah 5 Jurusan Saat Kuliah Yang Terkenal Sangat Sulit

progdi tersulit

Sebentar lagi kita akan menghadapi tahun kelulusan dan segera menatap tingkat pendidikan yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi/kuliah. Namun kelulusan yang sudah di depan mata itu menjadi terbayang-bayang akan sulitnya kehidupan kita saat kuliah nanti. Kita juga akan disibukkan dengan persiapan-persiapan masuk perguruan tinggi favorit. Belum lagi jika kita masih bingung dengan jurusan yang akan kita ambil.

Hal itu disebabkan karena kita belum mengetahui bakat dan minat kita. Padahal menentukan jurusan kita saat kuliah sangat penting bagi prospek ke depannya. Kalau bisa kita juga harus memilih jurusan yang berkaitan dengan peminatan kita. Jangan nanti kalian ketika SMA ambil IPA tapi pas kuliah malah ambil ilmu ekonomi, ataupun nanti pas kuliah ngambil jurusan fisika murni eh nantinya malah kerja di bank (Upss!).     
Oleh karena itu kita akan merangkum jurusan-jurusan di perguruan tinggi yang sulit ditembus dan mungkin agak rumit dijalani saat kuliah nanti. Setidaknya rangkuman ini bisa menjadi referensi kalian yang ingin memilih jurusan di perguruan tinggi    

1. Kedokteran
Hal ini tak diragukan lagi, kedokteran tak hanya sulit tapi juga banyak peminat dan mahal. Di kedokteran kita akan diajarkan tentang anatomi manusia dan juga cara mengobati penyakit-penyakit yang ada. Biasanya butuh waktu 5-6 tahun untuk bisa lulus dari jurusan kedokteran
2. Farmasi
Dirjen dikti menyatakan bahwa jurusan farmasi memiliki peminat terbanyak ke-5 di Indonesia. Jurusan farmasi memang biasanya mempelajari tentang obat-obatan, tetapi jurusan ini juga mempelajari biologi, penyakit manusia, dan kimia. Jurusan ini memiliki 144 SKS dan biasanya ditempuh dalam 8 semester.        
3. Teknik Sipil dan Arsitektur
Teknik sipil mencakup ilmu fisika, geologi, hingga komputer dengan fungsinya masing-masing. Teknik sipil dan arsitektur sama-sama mempelajari cara membangun atau merancang suatu gedung. Tetapi arsitektur biasanya lebih ditekankan pada konsep dan desain, sedangkan teknik sipil lah yang terjun ke lapangan.      
4. Matematika
Jika jurusan lain memiliki banyak peminat, maka lain halnya dengan matematika. Hal ini dikarenakan matematika dikenal sulit dan prospek kerjanya juga terbatas, sehingga banyak orang yang tidak tertarik. Jurusan matematika biasanya belajar tentang matematika murni atau konsep-konsepnya seperti aljabar, baris dan deret, hingga statistika.        
5. Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi tidak hanya mempelajari tentang uang, tetapi juga mempelajari perilaku manusia dalam memilih kemakmuran. Terdapat 3 ilmu utama ekonomi yaitu ekonomi mikro, ekonomi makro, dan alat kuantitatif. Dibutuhkan kerja keras dan keterampilan verbal untuk mengikuti jurusan ini          

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter