Inkubator SBS Unisbank hadiri Forum Nasional Inkubator Berbasis Teknologi

WhatsApp Image 2018-12-03 at 20.51.50

Jakarta, 3-4/12. IBT (Inkubator Bisnis Teknologi) merupakan lembaga intermediasi yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan wirausaha pemula berbasis teknologi selama periode waktu tertentu. Peran IBT meliputi pendampingan dan pelayanan dengan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2013 tentang Inkubator Wirausaha dan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 24 Tahun 2015 tentang Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) Inkubator Wirausaha. Inkubator SBS Unisbank adalah salah satu Inkubator yang berfokus pada bidang mekanika industri dan informatika dibawah Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang.  Dalam rangka pemenuhan tuntutan penguasaan teknologi industri di era revolusi industri 4.0, maka Inkubator SBS Unisbank berpartisipasi aktif dalam Forum Nasional Inkubator Berbasis Teknologi.

Acara Forum Nasional Inkubator ini, SBS Unisbank mengirimkan Dr. Yeye Susilawati, MM selaku General Manajer SBS Unisbank dan Fitika Andraini, M.Kn selaku kepala Pusat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan (PPBK). Acara Forum Nasional ini berlangsung selama 2 hari di Hotel Ayana Jakarta. Acara dibuka oleh Menteri Ristekdikti, M. Nasir. Beliau menekankan bahwa setiap Perguruan Tinggi yang memiliki Inkubator wajib untuk mengembangkan hingga berguna bagi masyarakat. Hal senada juga disampaikan oleh Asril Syamas, Ketua Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) bahwa selain pengembangan hasil riset, AIBI juga akan melakukan Sertifikasi bagi Inkubator dan Pengelola Inkubator. Dalam acara tersebut, hadir Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Naim dan Direktur Kawasan Sains Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya, Lukito Hasta Pratopo, Direktur PPBT Kemenristekdikti, Retno Sumekar. Selain itu, turut hadir 200 pengelola IBT yang berasal dari perguruan tinggi, instansi pemerintah, BUMN, dan sektor swasta dari segala penjuru Indonesia.

foto bersama pengelola inkubator dari berbagai instansi

Yeye menyampaikan bahwa dari hari pertama mengikuti acara Forum Nasional ini maka Inkubator SBS Unisbank akan lebih serius untuk mencapai tujuan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang yang telah disepakati oleh pengelola SBS Unisbank. Hal ini tidak terlepas dengan rencana kegiatan yang telah disusun dalam rapat bersama dengan Universitas. Mungkin sekitar awal tahun 2019, Yeye merencakana akan mengumpulkan semua tim di SBS Unisbank untuk membahas rencana kerja SBS Unisbank selama satu tahun termasuk didalamnya pendampingan, pengembangan riset dan pengembangan SDM Inkubator. Fitika selaku kepala PPBK turut mengungkapkan bahwa selaku lembaga yang menaungi Inkubator SBS Unisbank pihaknya akan terus mengawal rencana kerja ke Universitas dan memantau pelaksanaan dilapangan atas rencana kerja yang disetujui. Semoga Inkubator SBS Unisbank akan lebih tumbuh menjadi Inkubator tipe madya.

Facebook
Google+
Twitter

Latest News