Skip links

Inovasi dan Adaptasi Sebagai Kunci Sukses Menyonsong Perubahan Perilaku Ekonomi Masyarakat

Peradaban manusia pada satu dekade terakhir telah masuk pada periode teknologi yang kian mutakhir. Hampir tidak ada satu sisi kehidupan manusia yang tidak dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Khususnya dalam dunia ekonomi dan bisnis, perkembangan dan pengaruh teknologi informasi hampir mengubah berbagai aspek yang ada di dalamnya.

Ada banyak contoh yang dapat diambil berkaitan dengan hal ini. Tentang bagaimana kehadiran sebuah teknologi informasi yang mengubah struktur perekonomian dan bisnis secara massif dan permanen. Dalam lingkup yang lebih mudah untuk dicermati, berbagai contoh ini misalnya adalah pesatnya perkembangan transaksi online semacam marketplace, fintech, jasa transportasi berbasis internet, dan lain sebagainya.

Jika tidak dibekali dengan persiapan yang matang dalam menghadapi arus perubahan yang seperti ini, sudah dipastikan akan segera tertinggal. Inovasi dan kemampuan beradaptasi dengan segala jenis perubahan prilaku manusia dalam bisnis dan ekonomi yang dipengaruhi oleh teknologi informasi adalah kunci utama untuk bertahan dalam era ini.

Inovasi dan Adaptasi Sebagai Strategi Utama Dalam Dunia Perekonomian Modern

Apa salah satu contoh yang dapat diambil sebagai bagian dari kemampuan adaptasi seperti ini? Secara sederhana mungkin dapat disebutkan bahwa ketika prilaku ekonomi masyarakat yang mulai bergeser dari offline menjadi online. Maka disanalah kemudian kemampuan menghadirkan inovasi yang adapted menjadi kunci sebuah bisnis dapat survive atau berkembang.

Contoh konkret lain misalnya adalah korelasi antara tumbuh kembang bisnis jasa pengantaran barang dengan prilaku ekomomi masyarakat berbelanja online. Penyesuaian seperti ini dilakukan pada dasarnya sebagai langkah utama dalam membaca apa sebenarnya yang telah berubah dalam tata cara masyarakat memenuhi kebutuhan mereka.

Dan ketika perubahan prilaku ekonomi itu dilakukan, maka inovasi dan ide bisnis sebagai adaptasi dari perubahan itu dapat dirumuskan.

Tidak dapat dihentikan bahwa laju perubahan zaman akan terus bergulir. Kecanggihan teknologi informasi dengan internet berkecepatan tinggi akan menjadi salah satu pondasi utama perubahan tersebut.

Dalam dunia ekonomi dan bisnis yang juga sangat dinamis, perubahan ini bisa menjadi sebuah peluang. Akan tetapi peluang seperti ini hanya dapat dieksekusi oleh pemikiran orang-orang yang mampu berinovasi, berkreasi dan juga beradaptasi dengan prilaku ekonomi masyarakat yang telah berubah itu.