Karakteristik Macam-Macam Organisasi #2

organisasi unisbank

Dari banyaknya ruang lingkup organisasi yang kita bahas kemarin, organisasi-organisasi tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Pentingnya membahas dasar-dasar organisasi secara keseluruhan agar kita memahami dimana posisi kita, apa yang harus kita lakukan, agar kita tidak menghilangkan tugas utama dari organisasi kita jalani. Untuk pemfokusan kali ini kita hanya akan membahas lebih dalam tentang karateristik dari 2 organisasi, yaitu organisasi publik dan organisasi non-profit. Karna dalam pengimplementasian materi sangat relevan dengan organisasi kemahasiswaan, Lansung aja kita bahas….

  • Karakteristik Organisasi Public

Karakteristik organisasi publik bervariasi dan memiliki maksud masing-masing sendiri dalam merumuskan karakteristiknya. Struktur organisasi pada organisasi publik lebih birokratis dan tersentralisasi. Benih konflik selalu tampak pada struktur. Hanya saja, pada situasi demikian faktor loyalitas anggota organisasi cukup tinggi dan mempunyai daya ikat yang kuat untuk kesatuan organisasi.

Tujuan
Untuk mensejahterakan masyarakat secara bertahap, baik dalam kebutuhan dasar dan kebutuhan lainnya baik jasmani maupun rohani

Aktivitas
Pelayanan publik seperti dalam bidang pendidikan, kesehatan, keamanan, penegakan hukum, transfortasi publik dan penyediaan pangan.

Sumber Pembiayaan

Berasal dari dana masyarakat yang berwujud pajak dan retribusi, laba perusahaan negara, peinjaman pemerintah, serta pendapatan lain – lain yang sah dan tidak bertentangan sengan perundangan yang berlaku.

Pola Pertanggungjawaban

Bertanggung jawab kepada masyarakat melalui lembaga perwakilan masyarakat seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Lerwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

Kultur Organisasi
Bersifat birokratis, formal dan berjenjang

Penyusunan Anggaran

Dilakukan bersama masyarakat dalam perencanaan program. Penurunan program publik dalam anggaran dipublikasikan untuk dikritisi dan didiskusikan oleh masyarakat dan akhirnya disahkan oleh wakil dari masyarakat di DPR, DPD. Dan DPRD.

Stakeholder
Dapat dirinci sebagai masyarakat Indonesia, para pegawai organisasi, para kreditor, para investor, lembaga-lembaga internasional termasuk lembaga donor internasional seperti Bank Dunia, IMF (International Monetary Fund), ADP (Asian Development Bank), PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), UNDP (United Nation Depelopment Program, USAID), dan Pemerintah luar negeri.

  • Karakteristik Organisasi Nirlaba

Sumber daya organisasi berasal dari para penyumbang yang tidak mengharapkan pembayaran kembali atau manfaat ekonomi yang sebanding dengan jumlah sumber daya yang diberikan.Menghasilkan barang dan jasa tanpa bertujuan memupuk laba, dan jika suatu organisasi menghasilkan laba, maka jumlah tidak pernah dibagikan kepada para pendiri atau pemilik organisasi tersebut.Tidak ada kepemilikan seperti lazimnya pada organisasi bisnis, dalam arti bahwa kepemilikan dalam organisasi nirlaba tidak dijual, dialihkan, atau ditebus kembali, atau kepemilikan tersebut tidak mencerminkan proposi pembagian sumber daya organisasi pada saat likuidasi atau pembubaran organisasi.Namun dalam praktik organisasi nirlaba sering tampil dalam berbagai bentuk sehingga seringkali sulit dibedakan dengan organisasi bisnis pada umumnya. Pada beberapa untuk organisasi nirlaba, meskipun tidak ada kepemilikan, organisasi tersebut mendanai kebutuhan modalnya dari utang dan kebutuhan operasinya dari pendapatan atas jasa yang diberikan kepada publik. Akibatnya, pengukuran jumlah, saat, dan kepastian aliran pemasukan kas menjadi ukuran kinerja penting para pengguna laporan keuangan organisasi tersebut, seperti kreditur dan pemasok dana lainya. Organisasi semacam ini memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan organisasi bisnis pada umumnya.

Dapat disimpulkan bahwa karakteristik dari kedua bentuk organisasi tersebut memang tidak identik/persis dengan organisasi LK/UKM di kampus tetapi bila kita telaah lebih jauh lagi dan kita baca dengan cermat karakteristik umum dari kedua  organisasi  diatas dapat mencerminkan organisasi kita pada saat ini. Ini menunjukan dimensi yang unik dari organisasi mahasiswa yang ada di kampus-kampus, Aspek-aspek diatas yang sesuai dengan organisasi kemahasiswaan akan kita bahas di  next artikel.STAY TUNE!!!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter