Kaya Ikan Gabus, Kampung Jamu Wonolopo Kian Jadi Incaran Pemburu Kuliner

kuliner ikan gabus unisbank

SEMARANG – Kelurahan Wonolopo Kota Semarang Jawa Tengah ternyata tak hanya memiliki potensi produk jamu herbal, tetapi juga kaya ikan gabus. Bukan hanya enak sebagai olahan kuliner, tetapi jenis ikan ini juga dipercaya sebagai obat penyakit.

Namun, ikan gabus yang disebut sebagai ikan kutuk oleh masyarakat Jawa, tak mudah ditemukan di sembarang tempat karena membutuhkan perairan tertentu untuk perkembangannya. Habitat ikan gabus adalah perairan air tawar di seperti sungai-sungai dan rawa.

“Di situ (Wonolopo) ternyata ada ikan gabus yang jarang ada di tempat lain. Sangat jarang ikan gabus atau ikan kutuk itu. Tapi di sini banyak sekali, karena perairan di sini cocok untuk tumbuh kembangnya ikan gabus,” kata Ketua Pendamping Desa Wisata Wonolopo, Rr. Dewi Handayani U.N,M.Kom, Jumat (27/8/2021).

“Ikan gabus sekarang ini langka l, karena jarang ditemukan di tempat lain. Padahal ikan gabus ini salah satu khasiatnya adalah untuk meningkatkan trombosit darah,” tambahnya.

kuliner ikan gabus unisbank

Dosen Universitas Stikubank (Unisbank)  Semarang itu mengatakan, dalam pendampingannya juga akan melibatkan sejumlah akademisi dari multidisiplin ilmu. Mereka akan mengembangkan potensi alam dan masyarakat di Wonolopo.

“Saya berharap nanti temen-temen yang dari Fakultas Pariwisata (Unisbank) mendampingi untuk membuat makanan khas dari ikan gabus atau ikan kutuk ini.  Misalnya pepes ikan gabus, atau yang lainnya. Termasuk penyajiannya yang khas tradisional, khas masyarakat sini. Ini yang akan kita angkat,” beber dia.

Sekadar diketahui, ikan gabus memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Ikan-ikan gabus liar banyak ditangkap di sungai, danau, dan rawa-rawa yang berada di Sumatera dan Kalimantan untuk diasinkan sebelum dijual antarpulau. Harganya pun cukup mahal karena memiliki rasa enak dan tekstur yang unik.

Selain itu, ikan gabus segar juga banyak dijual dalam keadaan hidup untuk diolah menjadi makanan sebagai sumber protein yang cukup tinggi. Ikan gabus kaya akan albumin, yang dibutuhkan tubuh manusia terutama dalam proses penyembuhan luka-luka dan membantu penyembuhan beberapa penyakit.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru