Skip links

Kiat Menjadi Wirausaha Muda di Masa Pandemi Covid-19

Menjadi wirausaha usaha itu pilihan, ketika Anda ingin jadi salah satu yang berhasil tentu perlu melakukan persiapan yang maksimal. P2BK unisbank sebagai lembaga yang mengkoordinasi kewirausahaan di kampus Unisbank Semarang selalu berkomitmen dan berkontribusi untuk  menghasilkan generasi muda menjadi entrepreneur muda di era pandemi ini.  Mahasiswa khususnya dipacu untuk menjadi entrepreneur muda dan tangguh untuk membawa Indonesia keluar dari keterpurukan akibat pandemi.

Apalagi saat ini situasi ekonomi Indonesia sedang buruk, jika tidak menerapkan kiat menjadi wirausaha muda yang tepat maka Anda bisa berakhir dalam keterpurukan.

tips menjadi Wirausaha Muda

Jangan khawatir, simak penjelasan penting berikut maka impian jadi wirausaha muda bisa terwujud.

5 Kiat Menjadi Wirausaha Muda Di Era New Normal

Kondisi Indonesia saat ini sudah jauh beda dengan kondisi setahun yang lalu, apalagi sejak Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia.

Karena banyak kebiasan hidup yang berubah termasuk cara berbisnis untuk kalangan wirausaha, alhasil muncul istilah era new normal. Lantas bagaimana cara jadi wirausaha muda di zaman sekarang?

1. Lihat Geliat Pasar

Jangan memaksakan passion Anda agar bisa diterima pasar saat ini, tapi sebaliknya lihatlah bagaimana geliat pasar dan kecenderungan konsumen.

Salah satunya adalah jangan terpaku untuk punya kantor offline atau konvensional, tapi beralihlah mengelola toko online. Sebab sekarang orang lebih memilih belanja online ketimbang offline.

2. Buat Perencanaan Matang

Lakukan kalkukasi terhadap semua hal lewat perencanaan yang benar-benar tepat, karena kiat menjadi wirausaha muda satu ini memang berkaitan dengan skill pengelolaan bisnis.

Mulai dari target pasar hingga promosi seperti apa yang akan dipakai. Sebagai wirausaha muda tentu ilmu-ilmu tentang perencanaan masih fresh di kepala dan bisa langsung dipraktekkan.

3. Perluas Jaringan

Cari relasi sebanyak mungkin, terutama lewat sosial media dan semua platform penjualan online. Bergabunglah dengan komunitas di bidang bisnis yang Anda geluti, dengan begitu wawasan akan semakin luas dan peluang usaha jadi cepat sukses juga sangat besar.

4. Kreatif

Saat ini kiat menjadi wirausaha muda yang satu ini sangat diperhitungkan, makanya kreativitas juga jadi harga mati saat Anda memutuskan jadi wirausaha muda.

Cobalah untuk selalu cari hal-hal baru yang bisa dikembangkan melalui produk usaha, dengan begitu eksistensi usaha dan sosok Anda sebagai wirausaha muda bisa bertahan lama.

5. Konsisten

Jangan cepat menyerah ketika usaha belum membuahkan hasil, tetaplah konsisten dari segala hal terkait usaha yang dilakukan. Baik itu konsistensi kualitas produk dan juga layanan bagi konsumen.

semua kiat menjadi wirausaha muda ini, lakukan dengan fokus dan tekad yang kuat untuk berhasil. Sebab yang namanya kesuksesan itu dicari dan diperjuangkan, bukan hanya ditunggu!.  Bergabung kuliah di Unisbank Semarang akan membantu mempercepatandamenjadi wirausaha muda.