Kiat Sukses meniti hidup di perguruan tinggi

kiat

Seorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi pasti akan menemukan suatu pola pembelajaran yang jauh berbeda dengan tingkat pendidikan dibawahnya seperti SMA ataupun SMK. Jika semasa SMA atau SMK pola pembelajaran selalu di tentukan oleh seorang guru maka ketika memasuki perguruan tinggi si pelajarlah / mahasiswalah yang menentukan materi-materi yang dijalani. Ada banhyak hal yang bisa menambah wawasan bagi untuk mahasiswa salah satunya perpustakaan di kampus yang diisi dengan berbagai buku ilmu pengetahuan. Mulai buku-buku sosial, filsafat, agama, budaya dan lain sebagainya.

            Dengan banyaknya ruang yang menyediakan tempat untuk berlajar membuat mahasiswa tersebut mulai terbentuk kemandiriannya. Salah satu yang berpengaruh dalam menentukan sikap, prilaku dan pola pola pikir mahasiswa adalah lingkungan sekitarnya. jangan sampai Anda sebagai mahasiswa terkontaminasi oleh hal-hal negative yang bisa merugikan anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk sukses di lingkungan perguruan tinggi :

  • Berorganisasi

Hari ini kebanyakan mahasiswa belum mengerti keuntungan berkecimpung didunia organisasi. Masih banyak yang berpikiran bahwa ikut andil dalam organisasi hanyalah membuang waktu belaka tanpa mendatangkan manfaat. Minset begitu tentunya salah besar untuk kehidupan mahasiswa, berorganisasi akan menambah pengetahuan bagi anggotanya. Karena dalam organisasi kemahasiswaan yang berada disetiap kampus memberikan ruang kepada anggotanya untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Serta dalam organisasi-organisasi tertentu juga dapat membantu anggotanya untuk mencari dan memperkuat karakter serta perinsip setiap anggotanya.

  • Komunikatif

Banyak pakar yang berkata bahwa kesuksesan seseorang 80% dapat ditentukan bagaimana seseorang berkomunikasi dengan lingkungannya. Dalam menjalani masa berjuang, belajar di perguruan tinggi, komunikasi menjadi hal penting untuk diasah. Karena manusia yang sejatinya adalah makhluk sosial pasti membutuhkan orang lain untuk menjalin kehidupannya hyang pastinya haruslah dimulai dari berkomunikasi

  • Menjadi kutu buku

Dengan pola komunikasi yang mandiri menuntut seseorang yang sedang menempuh pendidikan di bangku kampus untuk mengetahui banyak hal tentang materi-materi perkuliahan. Materi tersebut hanya bisa didapat melalui membaca, membaca dan membaca. Sekali-kali jika Anda tidak mempunyai aktifitas dalam perkuliahan pergilah ke perpustakaan untuk menambah wawasan.

            Dengan ketiga langkah tersebut jika anda menerapkannya secara sungguh-sungguh dan memiliki vitalitas yang tinggi. Maka Anda akan menjadi mahasiswa unggulan di perguruan tinggi tempat Anda menimbah ilpu pengetahuan.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter