Skip links

Kondisi Ekonomi Indonesia Akibat Corona Saat Ini

Tahun 2020 mungkin menjadi tahun terberat bagi dunia, wabah Corona atau Covid-19 melemahkan hampir seluruh negara, termasuk Indonesia.

Berusaha untuk mencegah penyebaran lebih luas dengan melakukan beberapa pembatasan aktivitas tentu menyebabkan adanya dampak yang mempengaruhi laju ekonomi Indonesia.

feb unisbank

Tidak dapat dipungkuri bahwa ekonomi Indonesia akibat Corona mengalami guncangan hebat dari berbagai sektor.

Hal ini juga dirasakan oleh masyarakat Indonesia dari semua lapisan yang sudah mulai keteteran untuk bisa bertahan ditengah hantaman pandemic.

Kondisi Ekonomi Indonesia Akibat Pandemi Covid-19

Kondisi ekonomi Indonesia saat ini tidak dapat dikatakan bagus dan bisa terbilang buruk. Pemberlakukan peraturan baru dari pemerintah agar penyebaran virus tidak meluas, memberikan dampak baik atau buruk. Berikut ini adalah kondisi ekonomi Indonesia di tengah pandemic:

1. Pertumbuhan di sektor informasi dan komunikasi

Ekonomi Indonesia akibat corona di sektor informasi dan komunikasi tercatat mengalami peningkatan pada Triwulan I 2020, dengan pertumbuhan mencapai 0,53 persen.

Hal ini sendiri pun dikarenakan masyarakat untuk tetap berada di rumah saja selama masa pendemi dan keluar jika memang sangat perlu. Tentu saja himbauan tersebut membuat masyarakat mencari info dan melakukan komunikasi via internet.

2. Penurunan wisatawan membuat sektor wisata diujung tanduk

Larangan keluar masuk dari dan juga ke Indonesia sangat dibatasi. Hal ini tentu saja berujung pada penurunan dalam sektor wisata, di mana pada Triwulan I tahun mengalami penurunan hingga 34,9 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal ini menjadi banyak perhatian, apalagi Indonesia memperoleh pendapatan yang cukup besar dari sektor pariwisata ini.

3. Transportasi juga bertumbuh negative

Pemberlakukan PSBB atau pembatasan skala besar-besaran membuat sektor tranportasi juga terkena dampak.

Di mana jumlah penumpang rel, bus dan juga pesawat mengalami penurunan cukup besar bahkan mencapai angka negative.

Dengan adanya penjabaran singkat, ada baiknya untuk selalu berhati-hati dan waspada agar tidak tertular.  Kondisi ekonomi sekarang ini pasti akan berangsur-angsur pulih kembali seperti sediakala, dan dibutuhkan kerjasama semua pihak.  Optimisme yang tinggi di ikuti kerjasa keras akan membuat ekonomi Indonesia pulih kembali.  Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unisbank selalu berkomitmen untuk memajukan bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan. FEB Unisbank terus mencetak generasi muda penerus bangsa yang selalu responsive menghadapi gejolak di dunia, utamanya dalam bidang ekonomi.