Skip links

Lulus Kuliah Langsung Jadi Pengusaha, Bisa Banget!

SEMARANG – Banyaknya lulusan perguruan tinggi kerap kali tak langsung terserap dalam dunia kerja. Akibatnya, pengangguran dari kalangan terdidik tak terhindarkan  hingga menjadi beban masyarakat.

Oleh karenanya, menempuh pendidikan tinggi idealnya dibarengi dengan muatan kewirausahaan agar bisa mencetak pengusaha-pengusaha muda. Bahkan, mereka bisa juga membuka lapangan kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran.

“Teman-teman pasti ketika kuliah nanti biasanya (ingin) kalau sudah lulus bisa bekerja,” kata Dosen Program Studi Manajemen Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang, Bogy Febriatmoko, S.T, M., Rabu (19/1/2022).

“Padahal seperti yang kita ketahui seperti sekarang ini, bahwa jumlah lulusan itu semakin banyak tetapi lapangan pekerjaan tidak mendukung dengan banyaknya jumlah lulusan tersebut,” lanjut lulusan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang itu.

Menurutnya, mahasiswa di Unisbank bukan hanya mendapatkan mata kuliah kewirausahaan  tetapi juga praktik mewujudkan gagasan bisnisnya. Mereka akan dibina dalam lembaga inkubator yang akan meberikan pendamigan agar bisnis yang dibangun tisa tumbuh kembang.

kuliah pengusaha

“Di kampus kami semua mahasiswa diajari untuk berwirausaha atau meng-create bisnisnya sendiri,” imbuhnya.

“Salah satu ilmu yang penting ketika temen-temen nanti membuat suatu usaha yaitu dipelajari juga di dalam kelas terkait dengan manajemen operasional. Di situ nanti temen-temen akan mendapatkan ilmu, bagaimana teman-teman bisa mendapatkan supplier yang baik, supplier yang yang bagus,” beber dia.

Materi perkuliahan kewirausahaan juga termasuk manajemen pemasaran produk yang telah dibuat. Pada era teknologi informasi saat ini, pasar online sangat menjanjikan sehingga perlu kiat-kiat khusus untuk menembusnya.

“Kemudian bagaimana teman-teman harus mengelola bahan baku, mendapatkan baku yang berkualitas. Juga akan memperoleh pengetahuan bagaimana bahan baku Itu dikelola, disimpan, dan diolah akhirnya menjadi sebuah produk baru yang unik berbeda dengan produk-produk yang sudah ada di pasar,” paparnya.

“Tentu saja ilmu-ilmu ini harus kita pelajari, tidak bisa kita memperolehnya secara otodidak. Oleh sebab itu mari teman-teman bergabung dengan Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang,” ajaknya.