Mahasiswa Fakultas Hukum Pelajari Olah TKP bersama Tim Inafis Polrestabes Semarang

Mahasiswa FH Unisbank semarang kunjungi Tim Inafis Polrestabes Semarang

Kalisari (15/7), Sebanyak 50 orang mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang melakukan kunjungan ke INAFIS Polrestabes Semarang. Mahasiswa didampingi oleh Dekan Fakultas Hukum UNISBANK, Dr. Rochmani, S.H., M.Hum. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai tugas dan peran serta fungsi INAFIS dalam kepolisian.

Sebagaimana disampaikan oleh pihak Kepolisian bahwa pengungkapan suatu tindak pidana perlu dilakukan dengan melakukan identifikasi.  Identifikasi saat ini dikenal dengan nama INAFIS (Automatic Finger Print Identification System). Mahasiswa diberikan pemahaman tentang tugas dari INAFIS yang membutuhkan kejelian dan ketelitian dalam terhadap barang bukti yang terdapat pada TKP (Tempat Kejadian Perkara) bahwa barang bukti memiliki kaitan dengan rangkaian dan kejadian di lokasi.

“Sekecil apapun bukti yang didapatkan dalam lokasi kejadian sangatlah berguna untuk proses pengungkapan” ungkap Tim INAFIS Polrestabes Semarang.

Mahasiswa Fakultas Hukum UNISBANK pun ditunjukkan beberapa alat yang dipergunakan untuk melakukan olah forensik pidana. Identifikasi forensik merupakan usaha yang dilakukan pihak kepolisian untuk mendapatkan informasi mengenai identitas seorang pelaku maupun korban yang diperuntukkan guna pengungkapan tindak pidana serta kepentingan dalam proses peradilan.

Facebook
Google+
Twitter

Latest News