Skip links

Mengelola sampah pun bisa jadi juara di UYEA 3

Kendeng, (19/01). Pernahkah Anda melihat lukisan dari torehan-torehan warna alami lembaran batang pelepah pisang?. Usaha berjudul Mengubah Limbah menjadi Berkah dari SMK Negeri 2 Semarang  menjadi juara II pada Unisbank Young Entrepreneur Award (UYEA) 3, tingkat Jawa Tengah yang digelar di Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang belum lama ini.

Sarista Chodijatul Misbah, ketua kelompok mengatakan, proposal bisnisnya bukan lagi sebuah rencana tetapi sudah direalisasikan di lingkungan SMK Negeri 2 Semarang. Sampah yang kami gunakan adalah sampah kulit bawang dan pelepah pisang yang disulap menjadi sebuah lukisan yang bernilai seni, ungkapnya.

Sarista juga menambahkan bahwa meski ini adalah usaha rintisan awal, dirinya dan tim percaya jika usaha ini di tekuni akan memberikan dampak positif bagi dirinya juga lingkungan sekitarnya. Dia juga berencakan akan merekrut beberapa rekanan yang nanti akan membantu usaha lukisan yang dia gawangi.

Salah satu Juri penilai, Fitika Andraini, SH., M.Kn. menyampaikan bahwa produk lukisan ini benar benar memukau dirinya. Kreatifitas anak setingkat SLTA ini adalah kreatifitas yang terhitung jarang ada dipermukaan. Fitika menilai bahwa usaha yang dirintis oleh Sarista ini akan bernilai ekonomis yang memberikan keuntungan menggiyurkan. Bayangkan saja kalau dijual dipasar luar negeri, dipasar lokal saja ada juga pelukis pelepah pisang yang laku hingga 5 sampai 10 juta per lukisan, pungkasnya. Wakil Rektor IV Unisbank, Dr. Elen Puspitasari, M.SI meyampaikan bahwa Sarista dan tim saat ini menempati peringkat kedua pada UYEA 3 yang digelar Unisbank beberapa waktu lalu, beliau berharap sarista dan tim dapat meneruskan usahanya nanti.