Mengenal Serba-Serbi Kampus

IMG_8089-1024x683

Buat kalian para calon mahasiswa & mahasiswa baru kita bakal bahas tentang serba serbi kampus, Kampus tentu berbeda dengan sekolah menengah atas. Banyak sistem atau pembagian yang harus dipahami agar tidak salah paham dan mengerti alurnya.

1. Sistem kredit semester (SKS)

Pertama yang harus diketahui adalah adnaya sistem kredit semester atau SKS. SKS disini adalah sistem yang dimiliki seluruh mahasiswa secara individu. Isinya adalah mata kuliah yang harus ditempuh selama satu semester, indeks prestasi komulatif (ipk) dan informasi tentang dosen pendamping.

2. Kampus, fakultas dan prodi

Kampus adalah suatu tempat yang berisi kumpulan fakultas dan kumpulan prodi. Kampua sendiri memiliki banyak sekali jenis meskipun sama dalam tatarannya. Yakni iniversitas, peeguruan tinggi, institut, politeknik dan lain-lain. Fakultas adalah satu kumpulan dari berbagai macam prodi yang memiliki dasar ilmu yang sama. Sednagkan prodi adalah program pendidikan yang fokus pada satu disiplin ilmu. Misalnya fakultas sosial dan ilmu politik. Maka prodi dalam fakultas tersebut diantaranya adalah prodi komunikasi, prodi psikologi, prodi pengembangan masyarakat dan lain-lain.

3. KKN dan PKL

Seluruh kampus memmiliki mata kuliah praktek. Mata kuliah yang dimaksud adalah kuliah kerja nyata (KKN) dan praktek kerja lapangan (PKL).  Ada perbedaan antara keduanya. KKN berpusat pada masyarakat. Dimana mahasiswa dengan kurun waktu tertentu akan terjun dan tinggal dengan masyarakat secara langsung untuk menjalani kehiduoan sosial secara real. Sedangkan PKL adalah kegiatan praktek untuk seluruh mata kuliah sesuai jurusan yang sudah ditempuh.

4. Beasiswa

Dijenjang pendidikan tinggi kampus ini, ada beasiswa yang menunggu didapatkan oleh para mahasiswa. Beasiswa tersebut merupakan beasiswa yang dikhususkan untuk para mahasiswa mengurangi beban kuliah. Berbagai macam beasiswa tersedia dengan beragam nominal pula. Sistemnyapun beragam. Mulai dari beasidwa persemester atau beasiswa untuk mahasiwa miskin.

5. Pengaturan jangka waktu kuliah

Yang terakhir adalah pengaturan jangka waktu kuliah yang bisa dilakukan sendiri. Disini maksudnya mahasiswa tersebut bisa memilih akapan dia akan menyelesaikan semua mata kuliah yang ada didalam sks, sederhananya mahasiswa menentukan kapan ia akan lulus.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter