Skip links

Organisasi Mahasiswa Yang ada Di Unisbank #3

Organisasi mahasiswa yang ada di Unisbank terbagi menjadi 2 Yaitu LK/UKM atau Lembaga Kemahasiswaan dan Unit Kegitatan Mahasiswa, yang didalamnya memiliki tugas dan peranan masing-masing. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang 2 jenis organisasi Kemahasiswaan yang ada di Unisbank :

  • Lembaga Kemahasiswaan(LK)

Lembaga kemahasiswaan yang ada di Unisbank Terdiri dari beberapa tingkatan dari hirarki terendah ada HMPS(Himpunan Mahasiswa Program Studi) yang wilayah birokrasinya meliputi Sebuah Jurusan/ Program studi, lalu ada BEM-F(Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas) yang wilayah birokrasinya meliputi 1 Fakultas,Lalu ada BEM-U(Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas) yang wilayah birokrasinya ada di Universitas, dan yang terakhir ada DPM-U (Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas) yang tugas tanggung jawabnya mengawasi,mendukung dan menilai kinerja kegiatan organisasi yang ada Di Universitas Stikubang Semarang. Ada beberapa fokus Lembaga Kemahasiswaan di Unisbank yang pertama adalah advokasi yaitu penyerapan/sebagai wadah aspirasi-aspirasi mahasiswa Unisbank,kedua ada kaderisasi yaitu proses pelestarian anggota dari LK-LK untuk menjaga keberadaan anggota untuk melaksanakan tugas-tugas pokok dari lembaga kemahasiswaan yang didalamnya ada beberapa bagian penting seperti:Keaktifan mahasiswa,Pengabdian Masyarakat,kegiatan pengembangan keterampilan(soft skill/hard skill),kegiatan pengembangan wawasan,serta kegiatan kegiatan lainnya yang membantu mahasiswa di progdi,fakultas dan Universitas yang sesuai dengan wilayah birokrasi masing-masing tentunya.

  • Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM)

Unit Kegiatan Mahasiswa Bertujuan untuk pengembangan dan penyaluran bakat mahasiswa baik akademik maupun non-akademik, Unit kegiatan mahasiswa juga merupakan tempat penyaluran hobi bagi mahasiswa-mahasiswa yang ada di Unisbank untuk mengisi waktu luang dari mahasiswa dan tentunya menambah ilmu  serta pengalaman sesuai peminatan UKM mana yang diminati. Unit kegiatan mahasiswa di Unisbank sangat beragam mulai dari agama,olahraga,komputer,usaha,musik dan masih banyak warna-warna keberagaman jenis UKM yang ada di Unisbank. Keunikan lain dari UKM adalah anggotanya terdiri dari berbagai jurusan dan fakultas berbeda yang dapat mengembangkan relasi dan mengetahui seluk beluk progdi atau fakultas lain melalui sharing-sharing dengan teman satu UKM lainnya. Unit kegiatan mahasiswa juga ikut memenuhi tugas pengembangan-pengembangan mahasiswa sesuai bidangnya masing-masing yang dimaksudkan atau ditujukan untuk kemajuan Universitas Stikubank Semarang.

Dari 2 jenis Organisasi yang ada di unisbank ada lagi 1 organisasi yang tidak boleh luput dari perhatian yaitu PADIKSI(Paguyuban Bidik Misi) organisasi ini juga memiliki anggota yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa  bidik misi yang ada di Unisbank. Padiksi sering kali terlibat dalam acara-acara besar di kampus. Itu dia adalah organisasi mahasiswa yang ada di Unisbank keberagaman yang ada disini adalah untuk saling melengkapi dan menyempurnakan satu sama lain ayo kita cari pengalam dengan mengikuti kegiatan yang ada di LK/UKM di kampus kita. Untuk next Artikel Stay Tunee terus ya!!!