Skip links

Pemaparan Program Kerja Dan Strategi Pencapaian Renstra Unisbank 2021-2025 Oleh Dr. Euis Soliha, S.E., M.Si.

Pemaparan program kerja dan strategi pencapaian renstra Unisbank 2021-2025 oleh calon rektor telah dilaksanakan pada hari kamis tanggal 29 April 2021 lalu. Untuk pemaparan ketiga dilakukkan oleh Dr. Euis Soliha, S.E., M.Si.

Dr. Euis Soliha, S.E., M.Si menyampaikan bahwa sesuai dengan visi Unisbank yang sudah tertuang di renstra bahwa pada tahun 2035 Unsibank akan menjadi perguruan tinggi yang bereputasi internasional, berbasis teknologi dan berjiwa kewirausahaan. Dari visi tersebut terdapat 6 misi dan 6 tujuan, lalu renstra ini terbagi dalam 4 tahapan, yang mana tahapan pertama yang diawali tahun 2020 sampai 2023 yaitu sebagai entrepreneurial university berskala regional berbasis teknologi. Lalu tahapan kedua tahun 2024 sampai 2027 yaitu sebagai entrepreneurial university berskala global berbasis teknologi informasi.

Oleh karena itu untuk periode program kerja dari tahun 2021-2025, maka unisbank akan mengarah menuju entrepreneurial university berskala global berbasis teknologi informasi. Lalu untuk merencanakan program kerja yang ada maka ada 3 hal yang harus dilihat, yaitu yang pertama dimana posisi Unisbank saat ini, kedua adalah kemana tujuan Unisbank, dan ketiga bagaimana Unisbank mencapainya.

Saat ini Unisbank terakreditasi AIPT B yang akan berakhir pada 4 Agustus 2021. Lalu dilihat dari akreditasi program studi  dimana dari 12 program studi hanya ada 3 program studi yang terakreditasi A dan untuk program studi yang terakreditasi B ada 7 program studi. Lalu setelah melihat dimana posisi Unisbank saat ini, selanjutnya melihat kemana tujuan Unisbank. Sesuai dengan milestone Unisbank yang mana pada tahun 2035, Unisbank akan menjadi perguruan tinggi yang bereputasi Internasional. Sehingga mulai tahun 2021 ini Unisbank harus menargetkan beberapa hal, yang pertama adalah kenaikan peringkat, kedua status akreditasi, ketiga klasterisasi program studi serta akreditasi program studi.

Dari hal ini ada 3 tujuan yang harus dilakukan, yaitu yang pertama adalah peningkatan kesejahteraan, kedua adalah menuju tercapainya entrepreneurial university berskala global dan berbasis teknologi informasi sampai tahun 2035, dan yang terakhir adalah peningkatan peringkat Unisbank. Untuk mencapai tujuan tersebut maka harus bisa menselaraskan 3 bidang utama di unisbank yaitu bidang 1 yaitu akademik dan kemahasiswaan, bidang 2 adalah pengembangan dan sumber daya, bidang 3 adalah kerja sama dan kewirausahaan. Ketiga bidang tersebut harus serasi, selaras dan seimbang dengan 4 hal yang terkait dengan input, proses, output dan outcome.

Sehingga ada beberapa program kerja prioritas yang harus dilakukan terkait dengan tata pamong dan tata Kelola. Dari perubahan struktur organisasi di Unisbank maka harus dilakukan konsolidasi struktur organisasi di tingkat universitas maupun fakultas. Tata pamong ini menyangkut kelengkapan struktur organisasi dan keefektifan penyelenggaraan serta bagaimana perwujudan good government dan juga pemenuhan 5 pilar dari tata pamong yaitu kredibel, transparan, akuntabe, bertanggungjawab dan adil.

Yang kedua perbaikan kondisi keuangan dimana pada tahun 2020 mengalami penurunan karena pandemi. Pada saat ini sumber pendapatan utama Unisbank ialah PMB, sehingga perlu dipikirkan sumber pendapatan lain. Perlu dikembangkan pengembangan unit bisnis yang ada yang sesuai dengan kompetensi dosen yang harus dikoordinasikan di level rektorat di bidang 3 kerja sama dan kewirausahaan dengan jajaran fakultas, dekan maupun ketua program studi, karena pada dasarnya yang memahami kompetensi dosen adalah tingkat fakultas. Sebagai contoh di Fakultas Ekonomi dan Bisnis mungkin bisa dikembangkan unit bisnis seperti kantor jasa akuntansi, konsultan pajak dll. Ketiga yaitu peningkatan kualitas SDM yaitu tenaga dosen dan tenaga Pendidikan, yang keempat peningkatan SDM mahasiswa terkait PMB dan yang terakhir adalah penelitian pengabdian masyarakat dan publikasi.