Skip links

Pengertian dan Ciri-ciri Kewirausahaan

PPBK atau yang lebih dikenal dengan P2BK unisbank komitmen membantu mahasiswa Unisbank menjadi wirausaha-wirausaha muda dibidangnya. Inovasi dan lompatan-lompatan dalambelajar mengajar di Unisbank kaitannya dengan kewirausahaan terus dikembangkan. Alhamdulillah melaluiprogram kewirausahaan yang dikelola oleh P2BK sudah menghasilak ratus mahasiswa menjadi entrepreneur muda dibidangnya. Belakangan ini berwirausaha merupakan suatu hal yang menarik dan sedang banyak di minati oleh masyarakat terutama para generasi muda serta ibu-ibu rumah tangga dan ditambah lagi berwirausaha memiliki waktu yang sangat fleksibel dalam jam kerjanya.

Selain itu berwirausaha dapat menjadi salah satu pendorong kemajuan ekonomi masyarakat. Akan tetapi masih banyak orang yang tidak mengerti apa itu kewirausahaan dan cara menjalankan usaha akibatnya angka kegagalan menjalankan wirausaha semakin tinggi.

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah suatu proses untuk mengembangkan dan menciptakan sesuatu hal yang baru dengan kreatif dan inovatif yang bermanfaat untuk banyak orang dan memiliki nilai lebih, serta mewujudkan visi misi dalam kehidupan dan mampu membuka lowongan pekerjaan.

Tentunya dalam berwirausaha kita harus tau ciri-ciri kewirausahaan berikut akan kita bahas ciri-cirinya.

Ciri-ciri Kewirausahaan

1. Mempunyai pengabdian yang besar pada bisnisnya.

Seorang kewirausahaan yang sedang memulai bisnisnya harus mengesampingkan kepentingan pribadi yang bisa ditunda demi pekerjaanya yang sedang berlangsung.

2. Memiliki keberanian dan daya kreasi yang tinggi.

Orang yang memiliki keberanian yang tinggi untuk memulai tidak akan takut dengan resiko kegagalan yang bisa terjadi sewaktu – waktu, karena memiliki kreativitas saja tidak cukup dalam dunia kewirausahaan.

3. Memiliki semangat tinggi dan optimis.

Tujuan dari poin ke tiga ini adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil, serta dengan adanya kemauan keras membuat seseorang memiliki tekad kuat untuk mewujudkan apa yang diinginkan.

4. Berjiwa pemimpin dan tidak boros.

Seorang pemimpin seharusnya tidak memiliki perilaku boros, karena pengeluaran harus lebih kecil dari pada pemasukan.

Dengan tidak boros anda akan terus berkembang dengan memanfaatkan keuntungan yang didapat sebagai modal untuk bisa membangun bisnis yang lebih besar.

5. Membuat keputusan bertanggung jawab.

Yaitu memiliki pehitungan dalam setiap keputusannya dan melaksanakan keputusan tersebut sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat bersama timnya.

p2bkunisbank