Pentingnya Belajar Ilmu Ekonomi

ekonomi

Ilmu ekonomi adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari cara manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Pentingnya ilmu ekonomi dapat kita rasakan bahkan dirumah sekalipun dimana Ayah dan Ibu kita mengatur keuangan dirumah sedemikian rupa untuk mencukupi kebutuhan kita dan orang-orang rumah lainnya di tengah masa pandemi ini.

Ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos) yang berarti “peraturan, aturan, hukum”. Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga”. (Wikipedia) dari arti Ekonomi tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa ekonomi merupakan sebuah peraturan perhitungan,perdangangan,dan perilaku manusia untuk mencapai kemakmuran.

Ilmu ekonomi sangat berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup sumber daya manusia . Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial/masyarakat. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa sosial dan bersifat teliti serta ekonomis. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak.

Mempelajari ilmu ekonomi sangat penting, dan hal pokok bagi setiap masyarakat khususnya dalam ruang lingkup keluarga, tujuannya agar dapat dengan cermat mengatur skala prioritas kebutuhan dari keperluan yang terpenting/ mendesak terlebih dahulu. Mempelajari ilmu ekonomi melatih seseorang agar dapat mandiri dalam berwirausaha dan mengelola kebutuhanya. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita dapat mengatur perekonomian pribadi seperti menggunakan uang saku dengan hemat, dan lain sebagainya. Dengan ilmu ekonomi, kita pasti akan lebih memilih kebutuhan yang paling penting untuk didahulukan daripada kebutuhan yang tidak terlalu penting seperti alat-alat tulis.

Sebetulnya kehidupan sehari-hari tidaklah lepas dari kegiatan ekonomi, contoh lainnya adalah Anda yang berusaha mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pada dasarnya ada dua alasan penting mengapa ilmu ekonomi harus dipelajari. Agar bisa menentukan prioritas, ilmu ekonomi harus dipelajari. Manfaat ilmu ekonomi itu sangatlah banyak dan tanpa kita sadari kita sudah menikmatinya.

Penjelasan di atas sifatnya lebih kepada manfaat mempelajari ilmu ekonomi secara umum.

Kalo kamu mau belajar ilmu ekonomi secara mendalam bisa banget Kuliah di Unisbank Yang fakultas Ekonomika dan Bisnis nya Terakreditasi “A” dan pastinya tempat terbaik untuk belajar ekonomi di Kota Semarang. Progdinya ada 3:

  • Akutansi S1 Akreditasi(A)
  • Manajemen S1 Akreditasi(A)
  • Keuangan & Perbankan D3 Akreditasi(A)

Biaya kuliah disini juga terjangkau dan bisa dicicil, yuk langsung aja daftar di https://pmb.unisbank.ac.id/ Langsung daftar sekarang karna ada promo potongan Uang Gedung/SPI Sebesar Rp.1.000.000 Jangan sia siain kesempatan kalian.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter