Skip links

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad

Kendeng(08/04). Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badan Amalan Islam (BAI) Al-Iksan menggelar peringaran Isra Mi’raj Nabi Muhammad. Kegiatan ini digelar di Salasar Kampus Kendeng Universitas Stikubank.

Acara peringatan isra mi’raj ini mengambil tema meningkatkan keikhlasan dalam beribadah untuk mencapai kesuksesan dunia dan akhirat.

Peringatan acara ini dihadiri oleh Rektor Unisbank, Dr. Safik Faozi, M.Hum yang sekaligus membuka acara. Safik berpesan kepada para peserta untuk senantiasa tidak meninggalkan islam apapun keadaannya, karena keimanan akan selalu ada didalam hati.

Selaku penceramah adalah ustadz Fahrurozzi, M.Ag dari Universitas Islam Negeri Semarang. Beliau menyampaikan bahwa Isra Miraj adalah perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam waktu satu malam saja.

“Menurut etimologi, Isra’ adalah perjalanan malam, sedangkan Mi’raj adalah naik ke atas dengan tangga.”

Yang dimaksud dengan peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad adalah diperjalankannya Nabi Muhammad oleh Allah di malam hari dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsa (Yerussalem). Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah dia mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah salat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratul Muntaha.

Beliau juga berpesan kepada jamaah untuk senantiasa memelihara ibadahnya dengan baik dan senantiasa bertaqwa kepada Allah.