Pilih Penting Mana Antara Kuliah Atau Organisasi ?

unisbank

Jika ingin membahas tentang mahasiswa ada 2 topik yang bisa di bahas yaitu kuliah dan organisasi. Disini saya akan  mengupas dari sudut pandang saya lebih penting mana antara kuliah dan organisasi.
Nah mahasiswa yang tidak ikut ber organisasi biasanya orang kutu buku dan yang hanya memikirkan nilai perkuliahan tanpa memikirkan soft skill dan yang menurut pendapat saya lebih penting ketimbang sebuah nilai di perkuliahan, memang benar nilai itu di butuhkan pada saat perkuliahan karna nilai yang baik adalah syarat seseorang mahasiswa untuk mendapatkan sebuah gelar. Tetapi nilai itupun menurut pandangan saya tidak bisa menjadi tolak ukur seseorang bisa sukses atau tidak. karena Seseorang yang sukses itu bukan dilihat dari nilai di setiap  mata kuliah tetapi melainkan soft skill yang terus di asah sehingga ketika mahasiswa lulus dari perkuliahan nanti, mereka mendapatkan bukan hanya ilmu di perkuliahan (hard skill ) melainkan juga mendapatkan soft skill yang bisa di dapat dalam ikut ber organisasi dan tidak mahasiswa dapatkan ketika perkuliahan berlangsung.

Mahasiswa yang ikut berorganisasi biasanya tanpa disadari kemampuan soft skill nya akan muncul dengan sendirinya karena banyak kegiatan di organisasi yang mengajarkan mahasiswa tentang banyak hal salah satunya mungkin public speaking dan masih banyak lagi. Dari saya sendiri, saya mempunyai prinsip jangan meminta apa yang organisasi dapat berikan kepada saya, tetapi apa yang dapat saya berikan di organisasi yang saya ikuti. Karna apabila kita ber sungguh sungguh melakukan sesuatu hal maka kita akan mendapatkan feed back tanpa kita sadari. Mungkin musuh terbesar mahasiswa yang ikut organisasi adalah waktu, karena pembagian waktu yang baik bisa menghasilkan keseimbangan dan pembagian waktu yang buruk menghasilkan ketidak seimbangan.

Jadi kesimpulannya  jika saya ditanya, lebih penting mana antara kuliah dan organisasi saya akan menjawab lebih penting keduanaya karena apabila kita mementing perkuliahan saja kita tidak bisa mendapatkan kemapuan soft skill , sedangkan apabila kita mengikuti organisasi dan mengesampingkan perkuliahan kita bisa terlambat lulus dari perkulihan.. pasti kawan kawan semua  tidak mau hal itu terjadi kan. Karena menurut saya antara perkuliahan dan organisasi saling berkaitan satu sama lain.

Anjar Saputra

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter