Sekilas Tentang Turnitin

unisbank

Turnitin.com adalah sebuah situs yang dapat mengecek tingkat plagiasi ditiap karya atau tugas siswa atau mahasiswa. Cara kerja Turnitin sangat sederhana dan setiap pengajar baik guru atau dosen bisa memiliki akun ini dengan cara berbayar. Situs ini sudah digunakan dari berbagai belahan dunia ini ditujukan untuk mengukur tingkat kejujuran dan integritas para mahasiswa atau siswa dalam mengerjakan suatu karya atau tugas. Penggunaan situs ini pun dibilang sangat mudah karena hanya mengunggah file yang akan di cek kemudian akan nada hasilnya setelah dilakukan proses pindaian untuk plagiasinya. Namun, ada keunggulan lain dari situs ini yaitu bisa mengecek secara peer-checking terhadap pekerjaan sesama mahasiswa.

Situs ini berdiri pada tahun 1998 dan sampai saat ini sudah mencapai jutaan pengguna dari berbagai penjuru dunia. Diindonesia sendiri sudah memperkenalkan situs ini dan sudah dipergunakan oleh banyak perguruan tinggi. Meskipun berbayar , situs ini menjadi hal wajib atau tantangan baru untuk Lembaga Pendidikan dan mahasiswa agar integritas dan kejujuran mulai ditinggikan dengan adanya situs ini.

Beberapa keunggulan dari situs ini :

1. Turnitin sangat efektif untuk digunakan sebagai detektor plagiasi karya

2. penghematan kertas

3. koreksi hasil karya dengan berbagi fitur komen, highlight, kualitas serta dengan pemberian nilai

4. program peer-chechking

5. situs yang mudah digunakan dan diakses dimana saja selama masih ada jaringan internet

Nah, itu sekilas tentang Turnitin yang lagi banyak dibicarakan dikalangan mahasiswa saat ini terkhusus mahasiswa semester akhir yang akan menjalankan penelitiannya. Tingkat plagiasi itu ada ambang batas yang harus terpenuhi jika tidak maka akan dilakukan proses pengecekan secara berulang sampai nilainya di bawah ambang batas tersebut dan itu tergantung kebijakan masing-masing Lembaga Pendidikan. (anjar saputra – alumni unisbank)

Facebook
Google+
Twitter

Latest News