Skip links

SMK Jateng raih Piala Bergilir Gubernur Jateng dalam UYEA 3

Kendeng, (19/01). Semangat para peserta Unisbank Young Entrepreneur Award (UYEA) 3 masih bergaung di kampus kendeng Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang. Selama sehari penuh para peserta UYEA 3 mengikuti serangkaian acara dalam Pemaparan Proposal Ide Usaha dan Usaha dari Finalis UYEA yang tergabung dalam 15 Besar. Adapun yang termasuk 15 besar adalah SMK Negeri 2 Semarang, SMK Negeri 1 Sragi, SMA Negeri 2 Semarang, SMK Negeri Jawa Tengah, SMA Negeri 1 Bojong, SMK Negeri 9 Semarang, SMA Negeri 1 Toroh, SMK Kesuma Margoyoso Pati, SMA Kristen YSKI Semarang, SMA Negeri 2 Pemalang, SMANegeri 1 Kendal.

Pada tahap pertama sebanyak 15 peserta finalis mempresentasikan ide usaha dan usaha mereka kedepan dewan juri. Para peserta dengan gamblang dan dengan gaya presentasi yang berbeda menyajikan paparan dalam bentuk slide presentasi dan memamerkan Business Model Canvas serta produk yang mereka hasilkan. Selaku juri adalah dari kalangan pendidikan : Bapak Agus Prasetyo Utomo, MM., M.Kom, Bapak Saefurrohman, M.Cs, Ibu Fitika Andraini, M.Kn. Bapak Adhimmas Nugroho, MM, dari Jaringan Rumah Usaha (JRU) dan Okki Dharmawan,  peraih Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2018. Dari sesi pertama dihasilkan 5 finalis yang maju di babak final, yaitu : SMK Negeri Jateng, SMK Negeri 2 Semarang, SMA Negeri 1 Toroh, SMA Negeri 1 Kendal, SMA Kristen YSKI Semarang.

Pada tahap kedua 5 besar finalis mempresentasikan ide usaha dan usahanya didepan dewan juri dan para peserta lainnya. Nampak hadir beberapa tamu undangan dari perusahaan rekanan dan para guru dari beberapa sekolah di wilayang semarang dan sekitarnya. Sebagai juri adalah  Bapak Candra purnama, SH.,MH dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Ibu Yuanita Rani Widasari, SSTP. dari Dinas Koperadi dan UKM Kota Semarang dan Dr. Elen Puspitasari, M.SI, pelaku usaha di Semarang. Akhir dari sesi kedua adalah menentukan Juara UYEA 3.

Keluar sebagai Juara I : SMK Negeri Jateng dengan produk nya Usaha.in, Juara 2 : SMK Negeri 2 Semarang, Mengubah Limbah Menjadi Berkah, Juara 3 : SMA Negeri 1 Toroh, Batik Cukil,  Juara Harapan 1 : SMA Negeri 1 Kendal, Aneka Olahan Rumput Teki, Juara Harapan 2 : SMA Kristen YSKI, VPAY- Vehicle Payment.

Rektor Unisbank Semarang Dr.Safik Faozi,SH.M.Hum menuturkan, kita menyediakan total hadiah berupa uang tunai  sebesar 30 juita rupiah. Hal ini tak lain untuk memberikan motivasi terhadap para pelajar agar turut serta mengembangkan kewirausahaan di Jawa Tengah. Dengan berkembangnya kewirausahaan secara otomatis akan meningkatkan perekonomian dan juga lapangan pekerjaan. Jelasnya.

Safik menambahkan, UYEA akan kita gelar secara terus menerus, ini adalah bentuk komitmen Unisbank secara kelembagaan dalam turut serta mengembangkan perekonomian di Jawa Tengah, ungkapnya.

Ketua panitia, Eko Nurwahyudi, M.Cs merasa lega, akhirnya proses seleksi UYEA 3 berjalan lancar dan penganugerahan Juara dapat dilakukan. Ini adalah proses dan proses, maka bagi para pemenang jangan terus merasa bangga dan bagi para peserta yang belum juara jangan berkecil hati. Semua yang anda lalui adalah sebuah proses hingga nanti anda bisa mencapai kata berhasil, ungkapnya seraya menutup kegiatan usai penyerahan Piala Gubernur kepada Juara I.