Sudah Mengenal HMPS-TI Unisbank? Yuk Kenalan Dulu

hmps-ti

Apa sih HMPS-TI itu ??? Sebelum kita mengenal HMPS-TI kita bahas apa sih HMPS itu…

Himpunan mahasiswa progam studi itu adalah organisasi mahasiswa yang dibentuk berdasarkan kesamaan disiplin ilmu, terdapat pada program studi dalam ruang lingkup fakultas tertentu dan berjejaring dengan disiplin ilmu sejenis dari perguruan tinggi lain. Umumnya bersifat otonom dalam kaitannya dengan organisasi mahasiswa di tingkat fakultas seperti Badan Eksekutif Mahasiswa . Kegiatan himpunan mahasiswa progam studi umumnya dalam konteks keilmuan, penalaran dan pengembangan profesionalisme.

Istilah lain himpunan mahasiswa progam studi adalah “keluarga mahasiswa progam studi ” Sebagai contoh: Himpunan Mahasiswa progam studi teknik informatika yang biasanya kita singkat HMPS-TI. Didalamnya terdapat masing – masing divisi yaitu Divisi Inti, Divisi Litbang, Divisi Minat Bakat, Divisi Kominfo dan Divisi Intex.

Apa sih yang maksud dari divisi- divisi tersebut?

1. Divisi Inti yaitu pengurus inti didalam suatu organisasi HMPS-TI yang berisi jabatan – jabatan seperti ( Direktur, Wakil Direktur, Sekertaris dan Bendahara).

2. Divisi Litbang yaitu pengurus tentang penelitian dan pengembangan mahasiswa progam studi Teknik Informatika yang berisi jabatan – jabatan seperti (ketua , bendahara, sekertaris dan Anggota).

3. Divisi Minat Bakat yaitu pengurus tentang minat dan bakatnya mahasiswa progam studi Teknik Informatika yang berisi jabatan – jabatan seperti (ketua , bendahara, sekertaris dan Anggota).

4. Divisi Kominfo yaitu pengurus tentang komunikasi dan informasi menjalin komunikasi antar mahasiswa dan memberikan informasi-informasi penting tentang kampus atau yang lainnya untuk mahasiswa progam studi Teknik Informatika yang berisi jabatan – jabatan seperti (ketua , bendahara, sekertaris dan Anggota).

5. Divisi Intex yaitu pengurus tentang menjalin kerja sama / sharing mata kuliah antar mahasiswa Internal (didalam) kampus atau Eksternal (diluar) kampus yang sesuai dengan progam studinya yang berisi jabatan – jabatan seperti (ketua , bendahara, sekertaris dan Anggota).

HMPS-TI bertujuan untuk mengasah soft skill maupun hard skill dari mahasiswa mahasiwa progdi Teknik Informatika. Jadi program – program kerja yang dilakukan oleh HMPS-TI bertujuan untuk kemajuan progdi Teknik Informatika yang pastinya penyusunan program kerja telah melalui koordinasi dengan kaprogdi untuk mendukung dan memfasilitasi Mahasiswa Teknik Informatika. Selain itu didalam HMPS-TI anggota anggotanya akan dilatih untuk memiliki soft skill yang baik, disamping peningkatan hardskill secara bertahap yang dilakukan melalui pelatihan-pelatihan.

Program – program kerja HMPS-TI sangat beragam mulai dari Pelatihan Gratis untuk Internal Teknik Informatika, Workshop untuk umum , Seminar Nasional , Kunjungan Industri , Acara Charity yang biasanya dilakukan saat bulan ramadhan, dan beberapa kegiatan lainnya.

HMPS-TI juga bergabung dengan PERMIKOMNAS-RI yang ikut berperan aktif untuk kemajuan seluruh  mahasiswa IT di Indonesia. Yang pastinya akan menambah lerasi anggotanya dan menunjukan Eksistensi Prodi Teknik Informatika Di Universitas Stikubank Semarang.
Melalui saling sharing pengalaman, banyak sekali yang didapatkan dalam forum ini, misalnya mengenai manfaat apa saja yang diperoleh dalam berorganisasi, dapat lebih percaya diri, mampu memperluas jaringan, serta mampu memanage waktu yang dimiliki.
“Dengan kalian aktif didalam organisasi kampus kalian juga bisa mendapatkan informasi-informasi tentang beasiswa didalam kampus.”tutur salah satu dosen FTI Bapak Saedurrohman,S.KOM, M.Cs

Tidak sekedar artikel, namun melalui artikel ini diharapkan mampu menyadarkan para mahasiswa untuk lebih bersemangat mengikuti organisasi-organisasi yang ada. “Janganlah menjadi mahasiswa yang KUPU-KUPU (kuliah pulang – kuliah pulang) Tapi jadilah Mahasiswa yang KURA-KURA (kuliah rapat – kuliah rapat) ” . Bersemangatlah dalam berorganisasi, tanamkanlah organisasi menjadi bagian dari hidup kita.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter