Skip links

Talkshown Kemuslimahan BAI AL-IKHSAN angkat tema “Auratku Tidak Tertutup atau Nafsu Lelaki dalam Kasus Pelecehan Seksual”

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) BAI AL-IKHSAN UNISBANK kali ini melaksanakan acara secara talkshow virtual (online) Via Zoom dan Channel Youtube UNISBANK, talkshown kali ini menghadirkan 2 pembicara diantaranya : Ukhti Zahra Frida Intani, M.Psi. dan Ustadzah Hardiani Julansari, S.P. tidak tanggung-tanggung tema talkshow kali ini dikupas dari 2 sisi sekaligus yaitu sisi psikologi dan Fiqh,

Ukhti Zahra Frida Intani dalam materinya membahas mengenai (Memahami Dinamika Kasus Pelecehan Seksual), Menyatukan pandangan bahwa tujuan kita adalah bagaiman bisa pulih atau healing. Memposisikan diri sebagai “subjek” yang punya kendali alih-aih “korban”, “objek” yang tidak punya kendali. ” ungkap Salah satu pakar psikologi ini.

Ukhti Zahra Frida Intani menambahkan Yang bisa dilakukan:  Sadari apa yang dirasakan, pikiran apa yang muncul.  Berceritalah, jangan takut untuk bercerita. Karena bercerita adalah salah satu langkah besar untuk mengobati luka.  Memaafkan, bangkit dan mencoba memaafkan diri sendiri, dengan memahami bahwa kita bukan makhluk yang sempurna. Sibukkan diri, membangun citra positif, dengan mengambil pelajaran apa yang bernilai untuk tujuan hidup kelak.

Menutup Aurat Dalam Tinjauan Syariat merupakan hal yang disampaikan oleh pembicara kedua yaitu, Ustadzah Hardiani Julansari, S.P, mengutip dalil dari Q.S Al-Ahzab 59 yang berarti : “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

“Tetaplah berpegang teguh pada syariat Allah yang sudah ditentukan” lanjut beliau

Melihat dari antusiasme peserta pada sesi Tanya jawab hingga banyaknya komentar, walaupun diselenggarakan secara online, acara kali ini bisa dianggap sangat berkesan bagi peserta, “​mantap acaranya. sangat menginspirasi” komentar akun atas nama Putri Dani Pungky A. untuk rekaman acara selengkapnya bisa cek di channel youtube Unisbank TV.