Tim Pengabdian Unisbank bersama Inkubator SBS Unisbank berikan pelatihan ketrampilan batik kepada KUB Desa Menayu di Temanggung

DSC_0088

Temanggung(09/03). Batik merupakan warisan budaya indonesia yang perlu dilestarikan. Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang melihat hal tersebut merupakan aset negara yang perlu dilestarikan, sehingga melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unisbank menggelar pelatihan kepada komunitas warga yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Desa Menayu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah dengan tema Pelatihan Pembuatan Batik Warna Alam pada sabtu (09/03).

Bahan bahan yang digunakan dalam pelatihan ini tergolong unik, yaitu menggunakan bahan pewarna dari alam. Dengan beberapa teknik batik yang telah dipersiapkan, pelatihan ini membuat decak kagum bagi para pesertanya.

Peserta yang mayoritas ibu ibu merasa senang saat melihat hasilnya. Mereka keseharian adalah sebagai petani, baik petani beras, lombok, sayur bahkan ada yang sebagai buruh petani saja.

Mbak Rosdiana, ketua KUB Desa Menayu menyampaikan bahwa kegiatan ini akan berdampak positif bagi anggotanya. Saat ini para anggotanya sudah mampu memproduksi olahan makanan yang sudah laku dijual di pasar, kini mereka mencoba hal baru yaitu membatik.

Sebagai narasumber eksternal adalah mas Wahyu dan Gus Mansur yang telah berkecimpung lama dibidang produksi batik warna alam. Mereka menerangkan baik teori maupun praktek dan berbagi pengalaman dalam bidang batik.

Dewi Handayani U.N, M.Kom, Kepala bidang Pengabdian Masyarakat LPPM Unisbank menyampaikan bahwa pihaknya terbuka luas bagi maysarakat yang ingin belajar batik. “kami di LPPM Unisbank akan selalu terbuka bagi masyarakat, ini adalah salah satu bentuk pengabdian dosen kepada masyarakat dalam mentransfer knowledgenya” ungkap Dewi.

Kepala Pusat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan (PPBK), Fitika Andraini, SH., M.Kn turut menyampaikan bahwa kegiatan ini sebenarnya adalah lanjutan dari kegiatan yang lalu. Karena dulu pernah terjalin hubungan dengan KUB di desa Menayu saat melaksanakan pelatihan bersama Dinas Perindustrian di Kabupaten Magelang.

Dalam pelatihan turut hadir, Ketua Sentra Kekayaan Intelektual, Agus Prasetyo Utomo, M.Kom, Wakil Manajer Inkubator SBS Unisbank, Eko Nur Wahyudi, M.Cs dan beberapa dosen lainnya.

Facebook
Google+
Twitter

Latest News

Mahasiswa Teknik Informatika Unisbank Lolos Seleksi Proposal Electromedical Innovation Competition 2019

Semarang(09/03).  Menyongsong Pekan Elektromedik Nasional 2019, tim dari mahasiswa Teknik Informatika Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang telah dinyatakan lolos seleksi proposal Electromedical Innovation Competition 2019 dan

Selengkapnya »