Mengenal Berbagai Jenis Organisasi #1

Group_Meeting

Sebagai Pengantar untuk memasuki tahapan pembahasan tentang tips & trik berorganisasi kita akan membicarakan terlebih dahulu tentang beberapa jenis organisasi yang ada dengan dimensi yang berbeda.

  • Organisasi Publik

 Istilah publik berasal dari bahasa Latin “of  people” (yang berkenaan  dengan masyarakat).  Sasaran organisasi publik ditujukan kepada masyarakat umum.Organisasi publik adalah tipe organisasi yang bertujuan menghasilkan pelayanan kepada masyarakat, tanpa membedakan status dan kedudukannya.
organisasi publik terlebih dahulu harus mendapat izin atau legalitas.Sumber pendanaan dan wewenang diperoleh melalui lingkungan otorisasi tersebut. Misal, dalam pengajuan anggaran kepada DPR, untuk mendapat pengabsahan atas suatu rencana kegiatan pemerintah. Ini merupakan dasar bagi organisasi publik untuk membangun kapasitas organisasi dan kemampuan operasionalnya.Proses penciptaan nilai dalam organisasi publik, bukan didasarkan pada hukum penawaran dan permintaan pasar, melainkan melalui proses birokratis, yaitu izin dari lingkungan otorisasi.

  • Organisasi Bisnis

Organisasi Bisnis terdiri dari dua kata yaitu organisasi dan bisnis. Bisnis sendiri adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang didalam bidang perindustrian. Sedangkan organisasi merujuk pada kumpulan orang dan kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian organisasi bisnis, menurut pendapat Raymond E. Glos dalam bukunya yang berjudul “Business : Its Nature and Environment: An Introduction” diberikan definisi tentang bisnis dan perusahaan (organisasi).

  • Organisasi Non-Profit

organisasi non profit atau Organisasi nirlaba adalah suatu organisasi yang bersasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal di dalam menarik perhatian publik untuk suatu tujuan yang tidak komersial, tanpa ada perhatian terhadap hal-hal yang bersifat mencari laba (moneter). Organisasi nirlaba meliputi gereja, sekolah negeri, Universitas, derma publik, rumah sakit dan klinik publik, organisasi politis, bantuan masyarakat dalam hal perundang-undangan, organisasi jasa sukarelawan, serikat buruh, asosiasi profesional, institut riset, museum, dan beberapa para petugas pemerintah.

Dari beberapa dimensi organisasi yang dibahas tadi mungkin kita dapat langsung menyimpulkan posisi LK/UKM yang ada di Unisbank itu dimana, Untuk kelanjutan mengenai Tips & Trik Berorganisasi Akan Dibahas di Artikel berikutnya. STAY TUNE!!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter