Tips & Trik Dalam Menjalankan Organisasi Mahasiswa Bagi Pemula #4

organisasi

Bagi Kalian Yang sudah terbiasa menjalani atau melakukan organisasi sejak SMA/SMK atau bahkan SMP kalian pasti sudah memahami seluk beluk dunia organisasi, tetapi bagi yang baru terjun di bidang keorganisasian pada masa kuliah pasti mereka belum tau dunia keorganisasian itu seperti apa, displinnya, cara kerjanya DLL. Nah disini kita akan membahas tips & trik dasar bagi kalian dalam berorganisasi supaya kalian dapat menjalankan organisasi dengan baik tetapi kuliah kalian ga ketinggalan pelajaran karna pikiran kalian terbagi.

Beberapa tips&trik diantaranya:

1.Selalu kerjakan tugas kuliah di waktu awal saat tugas diberikan

Mungkin kalian memiliki planning untuk mengerjakan tugas di waktu akhir-akhir sebelum tugas dikumpulkan, tetapi saat kalian berorganisasi kalian harus berorientasi masa depan karna kewajiban & tanggung jawab diorganisasi bisa datang kapan saja jangan sampai kalian melalaikan tanggung jawab karna ada tugas kuliah dan juga jangan sampai kalian melalaikan tugas kuliah karena tanggung jawab diorganisasi. Jadi pada intinya gunakan waktu sebaik-baiknya saat mengikuti organisasi.

2.konsisten di organisasi jangan bolong-bolong

Setiap organisasi mungkin memiliki tingkat kepadatan agenda masing-masing tetapi seringkali saat ada suatu acara kita dihantui rasa malas atau tuntutan lainnya. Untuk menyiasatinya kita harus pintar mengatur jadwal dan tentu saja mempertimbangkan waktu istirahat karna seringkali rasa malas timbul karna terlalu lelah. Semua itu dilakukan agar kalian konsisten dan selalu ada, karna biasanya orang-orang yang kehadirannya baik dalam acara atau rapat itu bolong-bolong(tanpa alasan yang jelas/dibuat-buat) kurang dihargai dan jarang diberi kepercayaan.Tapi bukan berarti di organisasi tidak boleh izin bisa tapi cobalah terbuka pada temen-temen organisasi kalian jujur aja kenapa gabisa hadir atau ikut rapat.

3.Tahun Pertama Menjabat Adalah Saatnya Belajar

Dimasa tahun pertama jabatan kalian sebaiknya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar, karena ditahun berikutnya pasti kalian akan menjadi pengurus yang menjadi pengatur dan otak dari organisasi. Dimasa-masa ini, kalian yang baru terjun ke dunia organisasi di perkuliahan harus belajar lebih extra entah itu tentang kinerja atau dasar-dasar organisasi dan hal-hal lainnya. Agar nantinya saat kalian naik jabatan atau istilahnya sudah mempunyai adek tingkat di organisasi kalian ga Cuma plonga-plongo saat ditanya-tanya oleh adek tingkatnya,kan malu banget pasti wkwk.

4.Berbaur Dengan Semua Anggota Organisasi

Saat berorganisasi kalian diwajibkan mengenal dengan baik semua temen-temen organisasi kalian, karna itulah temen-temen yang bakal kalian ajak berjuang bersama dalam susah maupung senang di dunia organisasi terutama temen-temen seangkatan kalian. Nantinya kalian pasti sangat membutuhkan temen-temen kalian jadi sering-sering main sama temen-temen organisasi kalian untuk lebih mengakrabkan diri.

5.Belajar Untuk Memfokuskan Pikiran

Ya maksudnya dari kata-kata ini adalah kalian harus bisa memfokuskan pikiran, jangan terlalu overthinking akan suatu masalah saat kalian sedang melakukan sesuatu. Biar ga stress wkwk J . Yah tujuan utamanya sih itu tapi tujuan lainnya supaya kalian bisa fokus melakukan suatu hal, Seperti saat lagi makul di kampus jangan terlalu overthinking masalah organisasi kalian karna apa? Nanti semua pelajaran yang dosen sampein gaada yang masuk. Otak kalian udah terlalu penuh/sibuk untuk menyerap materi dan makul kalian yang kalian jalani jadi sia-sia. Waktu kalian memikirkan organisasi kalian adalah saat rapat,saat kumpul bersama teman-teman organisasi kalian atau saat-saat lainnya yang memang kalian sempatkan untuk menyelesaikan masalah.

Mungkin segitu aja kali ya. Karna yang dibahas disini berkaitan dengan luaran organisasinya bukan tips & trik dalam organisasinya, kalian harus belajar sendiri masalah keorganisasian di organisasi LK/UKM yang ada di kampus, gali ilmu gaada yang sia-sia kok.Jangan lupa prioritasin tujuan kalian kuliah itu apa karna di organisasi ini ada plus minusnya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter