Tips Untuk Memilih Kamera Untuk Fotografer Pemula

kamera

Perlu digaris bawahi sebenarnya tidak ada istilah “Kamera untuk pemula” karena pada dasarnya semua jenis kamera boleh anda beli asal ada budget. Tidak ada istilah nanti susah untuk pemakaiannya, justru itu karena kita pemula kita harus belajar.

Ada info nih Untuk mahasiswa Unisbank yang mau jadi fotografer pemula sendiri atau yang baru memulai ingin belajar fotografi maka pengetahuan dan wawasannya belum sebanyak yang sudah profesional, jadi untuk pemula berikut ini ada tips atau panduan dalam menentukan kamera yang akan anda beli nantinya.

1.Budget

Untuk seorang pemula ketika anda ingin membeli sebuah kamera anda harus memperhatikan budget anda. Apalagi jika kita belum mampu mempunyai penghasilan sendiri masih minta kepada orang tua. 


Katakan lah orang tua atau anda punya uang 6 juta maka carilah kamera dengan range harga 7 jutaan atau dibawahnya dengan menyisihkan beberapa uang untuk membeli lensa tambahan atau aksesoris kamera lainnya.

Memang istilah ada harga ada kualitas, dengan harga yang lebih mahal anda akan diberikan fitur dan kualitas gambar yang lebih baik.

Tapi dalam fotografi ada yang lebih penting dari pada alat yaitu fotografernya itu sendiri (man behind the gun). Dan tidak ada kamera yang sempurna didunia ini, tinggal pintar-pintar kita dalam mengetahui kekurangan dan memaksimalkan potensi kamera tersebut untuk menghasilkan foto yang menarik.

Dari kamera yang anda beli itu mungkin bisa memotivasi anda menjadi seorang profesional fotografer dan bisa membeli kamera impian anda.

2.Bekas Bukanlah Masalah

Untuk seorang pemula menggunakan kamera bekas bukanlah masalah. Berbeda dengan perangkat elektronik lainnya, kamera cenderung memiliki umur yang lebih panjang karena memang kebanyakan pemakai kamera orang yang sangat berhati-hati dan menjaga baik kameranya.

Dan juga perkembangan kamera tidak secepat perkembangan smartphone, jadi anda memakai kamera seri 2-3 tahun yang lalu tidak akan melihat perbedaan yang signifikan dari segi kualitas (asal dengan harga yang setara pada jamannya).

Selama itu masih bisa anda gunakan belajar gunakanlah, mau pakai kamera yang bekas yang sudah ada atau membeli kamera bekas bukanlah hal yang masalah. Justru membeli kamera bekas ini sangat menarik untuk saat ini karena dari segi harga lebih terjangkau dengan kualitas yang tidak jauh beda dengan seri terbaru.

Tapi memang untuk membeli kamera bekas ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan (akan dibahas diartikel selanjutnya).

3.DSLR atau Mirrorless

Mungkin beberapa dari kalian masih bingung untuk memilih tipe kamera DSLR atau Mirrorless. Sedikit penjelasan dari saya.
Mirrorless bisa dikatakan next generation dari DSLR dengan ukuran bodi yang lebih ringkas, kualitas yang baik, dan juga fitur-fitur yang lengkap.

Sedangkan DSLR memiliki ukuran bodi yang lebih besar dibanding mirrorless, fitur-fitur pendukung tidak selengkap mirrorless (terutama untuk video), harganya lebih terjangkau, dan juga pilihan lensa jauh lebih banyak dan lebih murah.

Untuk kualitas kembali lagi ke tergantung seri yang mana dulu. Kalau untuk saya jika anda ingin fokus fotografi maka DSLR atau mirrorless bukanlah masalah, tapi jika anda juga ingin explorer videografi maka Mirrorless lebih baik karena secara fitur lebih mendukung.

4.Lihat review produk di internet


Setelah anda menentukan budget, mau beli baru atau bekas, dslr atau mirrorless. Tentu sudah muncul didaftar anda kamera apa yang akan anda beli. Anda bisa melihat review-review kamera tersebut di internet terutama youtube. Agar anda bisa melihat bagaimana produknya, kualitas foto/video, fitur-fitur dan lainnya. Tidak ada kamera yang sempurna saya yakin setiap kamera punya kekurangan dan kelebihan masing-masing tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

5.Pertimbangkan untuk membeli aksesoris atau lensa tambahan.

Diawal saya sudah menyebutkan jika budget anda untuk membeli kamera sekian anda bisa menyisihkan sedikit untuk membeli lensa atau aksesories pendukung lainnya. Kesalahan pemula yang sering terjadi hanya membeli kamera saja, tidak aksesories dan lensa tambahan. Kualitas hasil foto tidak hanya ditentukan oleh kameranya saja tetepi juga lensa.

Secara bawaaan ketika anda membeli kamera anda akan diberikan lensa bawaan (lens kit) yang biasanya dengan focal leght 18-55mm atau 15-45mm dengan f3.5-5.5, secara kualitas jelas ini sanga standar. Membeli lensa tambahan seperti lens fix sangat direkomendasikan.

Itu dia sedikit tips untuk mementukan kamera yang akan anda beli bagi seorang fotografer pemula. Semoga bermanfaat (arif/one forest).

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter