UKM IC ramai ramai belajar membuat Game

mgic2

Semarang. Kegiatan ini adalah pelatihan gratis yang dilaksanakan oleh UKM Internet Club dengan materi pembuatan game 2D dengan software Unity oleh Wira Dwi Susanto sebagai instruktur. Pelatihan dilaksanan di tempat Semarang Digital Kreatif (SDK) Semarang. Pelatihan ini dimulai pada pukul 15.30 dan dipandu oleh Budi selaku MC pada pelatihan kali ini, kemudian dilanjutan sambutan dari perwakilan Internet Club oleh Dimas selaku Koordinator HR. Setelah sambutan dari perwakilan Internet Club, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi ICONCLASS yang disampaikan oleh Lindri selaku koordinator ICONCLASS.

Kemudian diteruskan ke acara inti yaitu pelatihan game 2D Unity. Dibuka dengan perkenalan instrukstur dan asisten yang bertugas, kemudian langsung dilanjutkan dengan install Software Unity. Sambil menunggu peserta install software, instruktur menjelaskan pengenalan game engine Unity tersebut. Kemudian perserta diarahkan untuk mengunduh modul pelatihan dan asset game 2D. Asset tersebut berisi script, sounds, dan textures 2D. Setelah itu perserta diarahkan untuk membuka Unity dan membuat project game 2D. Pertama – tama peserta akan diarahkan untuk membuat desain atau tampilan dari game tersebut, dengan menggunakan assets yang telah disediakan.

Game ini bergenre 2D platformer game dengan tujuan untuk mengumpulkan sebanyak- banyaknya takjil dan menghindari micin yang jatuh dari langit. Desain tersebut meliputi tampilan yang ada didalam game seperti background, karakter, dan batas – batas yang terdapat digame tersebut serta fitur – fitur yang bisa dilakukan oleh pemain dalam game tersebut. Object sudah langsung diinputkan script yang sudah disediakan, seperti script dari karakter, takjil dan micin dengan cara drag and drop.

Sesi selanjutnya adalah menambahkan UI (User Interface) pada Game. Hal ini dilakukan agar game tersebut dangan responsive dengan keyboard maupun touch screen. Kemudian tambahkan UI text yang berisi menu game seperti “Menu Mulai Misi” atau “New Game”. Kemudian tambahkan UI text yang kedua yang berisi skor pemain dengan text “Jumlah Takjil. Dan UI text yang terakhir adalah waktu permainan dengan text “Waktu Misi”.

Sesi selanjutnya akan dilakukan penambahan audio pada game 2D tersebut. Tambahkan 2 game object empty kemudian di rename menjadi “musicbg” dan “musicsedih”. Pada “musicbg” merupakan music yang akan diputar saat sebelum permainan dimulai dan saat permainan dimulai. Kemudian untuk “musicsedih” akan diputar saat pemain kalah atau saat micin terkena karakter. Setelah itu drag and drop music yang sudah disediakan pada game object “musicbg” dan “musicsedih”. Kemudian game siap untuk dimainkan oleh peserta. Setelah game dimainkan oleh peserta, kemudian peserta diarahkan untuk meng export project game 2D tersebut. Kemudian instruktur menjelaskan script yang ada pada game 2D tersebut, script yang digunakan adalah Java Script. Kemudian setelah menjawab beberapa pertanyaan dari peserta, instruktur menutup sesi tersebut. Acara langsung diambil oleh MC untuk mengarahkan peserta untuk mengisi form feedback dan untuk bergabung ke grup telegram ICONCLASS. Setelah selesai untuk mengisi form feedback, acara ditutup oleh MC dan foto bersama.

Facebook
Google+
Twitter

Latest News

Dosen Unisbank jadi narasumber Workshop Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Administrasi Sekolah dan Pengembangan Administrasi Pembelajaran SMK N 1 Pemalang

Pemalang. SMK Negeri 1 Pemalang menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Administrasi Sekolah dan Pengembangan Administrasi Pembelajaran di Aula SMK Negeri 1 Pemalang. Acara yang digelar

Selengkapnya »