Workshop Pengelolaan Jurnal On Line Unisbank

WhatsApp Image 2019-03-11 at 13.15.14(2)

Kendeng (5-6/03). Jurnal ilmiah  adalah ruh dari eksistensi sebuah perguruan tinggi. Indikasi kemajuan sebuah perguruan tinggi salah satunya diukur melalui kemampuannya dalam pengelolaan dan manajemen jurnal ilmiah.  Tentu saja, kualitas pengelolaan jurnal juga harus diimbangi dengan penelitian aktif oleh para dosen yang hasilnya dipublikasikan melalui junal bereputasi, baik nasional maupun internasional. Aktivitas pengelolaan jurnal ilmiah pada saat ini diarahkan dalam bentuk daring (online) agar desiminasi dan sebaran akses semakin luas dibandingkan dengan jurnal cetak. Salah satu sistem pengelolaan yang banyak digunakan saat ini adalah Open Journal Sistem (OJS). Melalui OJS pengelolaan jurnal lebih tertata dan terdokumentasi secara baik dan rapi. Salah satu aspek penting dalam pengelolaan jurnal adalah proses penyuntingan artikel.  Pada era teknologi saat ini, proses penyuntingan artikel dilakukan secara online sehingga ‘jejak’ penyuntingan terekam secara lengkap. Selain itu, proses penyuntingan artikel, bahkan proses pengajuan akreditasi berkala ilmiah oleh dikti telah dilakukan secara online.

Terkait dengan perkembangan tersebut, Unit Pelaksana Teknik (UPT) Publikasi Ilmiah Universitas Stikubank mengundang pengelola jurnal dari seluruh fakultas di Unisbank untuk mengikuti Workshop Pengelolaan Jurnal Online. Tujuan dari workshop ini adalah untuk mensosialisasikan sekaligus memberikan pelatihan kepada masing-masing pengelola jurnal mengenai proses pengelolaan berkala ilmiah. 

Acara yang berlangsung selama dua hari ini diisi oleh tiga orang narasumber, yaitu Heribertus Yulianton, M.Cs, Jati Sasongko W., M.Cs dan Dwi Budi S., M.Kom  yang membahas secara detail penggunaan program Open Journal System (OJS) dari mulai artikel masuk hingga diterbitkan.

Peserta dalam acara ini sangat antusias dalam mengikuti materi demi materi. “Saya harap teman teman sebagai pengelola jurnal ilmiah di Unisbank bisa terus bersemangat dan semakin aktif dalam memajukan berkala ilmiah kita”, kata Wiwin Hadikurniawati, M.Kom., Kepala UPT Publikasi Ilmiah Unisbank Menurutnya, aspek berkala ilmiah adalah salah satu aspek penting yang dapat mendongkrak kualitas sebuah institusi perguruan tinggi.

Facebook
Google+
Twitter

Latest News

Mahasiswa Teknik Informatika Unisbank Lolos Seleksi Proposal Electromedical Innovation Competition 2019

Semarang(09/03).  Menyongsong Pekan Elektromedik Nasional 2019, tim dari mahasiswa Teknik Informatika Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang telah dinyatakan lolos seleksi proposal Electromedical Innovation Competition 2019 dan

Selengkapnya »