Skip links

Workshop Standarisasi Tata Kelola Penerbitan menuju Jurnal Terakreditasi bagi Pengelola Jurnal Unisbank

Kendeng, 6/12. Pengelolaan Jurnal Ilmiah Unisbank kembali dipacu oleh UPT Publikasi Ilmiah dalam acara Workshop. Tema yang diusung dalam workshop ini adalah Standarisasi Tata Kelola Penerbitan menuju Jurnal Terakreditasi bagi Pengelola Jurnal Unisbank. Workshop ini diikuti oleh para pengelola jurnal ilmiah di Unisbank, sejumlah 50 personel dari 15 Jurnal Ilmiah yang ada di Unisbank.

Acara Dibuka, Rektor, Dr. Safik Faozi, M.Hum. Rektor berpesan kepada para pengelola supaya tulisan untuk dosen bisa dipacu, nanti bagi yg berepstasi akan dihargai dan yang belum nanti akan diprestasikan melalui arahan dan coaching intensif. Rektorat sangat mendorong untuk maju bersama, imbuhnya. Wakil Rektor I, Dr. Edy Winarno, M.Eng. menyampikan pula, dari 15 jurnal bisa siap untuk terakreditasi nasional. Harapannya setelah workshop ini nanti bisa langsung diimplementasikan oleh para pengelola jurnal.

Acara dipandu oleh Wiwin Hadikurniawati, M.Kom, Kepala UPT Publikasi Ilmiah. Selaku narasumber adalah Eko Didik Widianto, ST, MT, yang saat ini menjabat sebagai editor in chief of Journal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSISKOM) Universitas Diponegoro Semarang. Eko menyampaikan bahwa setiap pengelola untuk membuat roadmap dan milestone pengelolaan jurnal, supaya rambu rambunya lebih jelas. Dia juga mendorong untuk mengoptimalkan yang sudah dijalankan. Eko juga meminta kepada para pengelola pastikan infrastruktur berjalan baik, website jalan terus, keamanan tidak dihack, tools statisktik pengunjung. Hal ini tidak hanya menjadi beban para pengelola saja, namun ada perlu tim suport untuk membuat Jurnal Ilmiah itu menjadi lebih terkenal, orang orang IT perlu dilibatkan dalam pengelolaannya, imbuhnya. Eko juga melakukan review atas beberapa jurnal di unisbank seperti Dinamik milik FTI Unisbank dan Jurnal milik FEB Unisbank.

Beberapa pertanyaan muncul sehingga terlihat antusiasme peserta dalam mengikuti workshop. Sesi pertama selesai hingga jam 12:00 dan berlanjut sesi kedua jam 13:00 hingga sore hari. Wiwin menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berusaha memacu perkembangan Jurnal Ilmiah Unisbank untuk selalu menjadi lebih baik.