Skip links

Komunikasi dalam Bisnis Online (bagian 1)

Komunikasi merupakan bagian penting dalam pemasaran.  Komunikasi pemasaran yang efektif akan membantu mencapai target-target yang telah direncanakan perusahaan.  Berikut ini beberapa keuntungan komunikasi dalam pemasaran menggunakan media Daring (amin, 2018);

Peningkatan informasi produk(Improved product information)

Informasi produk yang biasanya dikenalkan atau dipromosikan melalui media Koran, katalog, spanduk dan lain sebagainya dalam pemasaran Luring, dengan menggunakan media Daring atau pemasaran Daring bisa dilakukan setiap saat oleh admin yang telah ditunjuk untuk melakukan perubahan atau penambahan informasi seputar produk perusahaan dengan cepat.  Model Luring memerlukan waktu, pemikiran dan biaya yang relatif besar, sedangkan dengan menggunakan media Daring, biaya yang diperlukan relative sedikit dengan jangkauan yang lebih luas.  Jika melalui media Luring   perusahaan perlu tambahan biaya untuk perbaikan atau edit informasi, pada media Daring cukup dengan memerintahkan admin Daring (pengelola website perusahaan) untuk mengedit informasi yang diperlukan setiap saat.

Peningkatan Informasi harga(Improved price information)

Jika sebelumnya perubahan-perubahan yang berkaitan dengan harga dilakukan dengan mencetak ulang katalog produk yang membutuhkan waktu lama dan biaya untuk perubahannya, hal seperti ini bisa dikurangi atau direduksi pada komunikasi secara Daring.  Perusahaan bisa melakukan perubahan dengan cara masuk ke dalam website perusahaan dan mengubahnya. Informasi-informasi yang berkaitan dengan harga bisa dirubah, bisa di edit dengan cepat dan tepat sesuai kebutuhan perusahaan, sehingga konsumen diuntungkan dengan perkembangan harga yang bisa diikuti dengan cepat dan terpercaya.

Ketersediaan layanan(Availability of service)

Pelayanan pemasaran pada dunia Luring memiliki waktu yang terbatas sehingga konsumen kurang memiliki ruang untuk bisa melihat produk-produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.  Pada pelayanan menggunakan media Daring, perusahaan dapat melayani konsumen dalam waktu 24 jam sehari dan, atau 7 hari perminggu, sehingga layanan kepada konsumen menjadi nomer 1 (satu) atau utama.  Konsumen bisa melihat produk/jasa, melihat spesifikasi produk, melihat harga, bahkan bisa melakukan pembelian produk secara Daring.

Biaya komunikasi Rendah (Lower cost of communication)

Pada pemasaran di dunia Luring, biaya yang dibutuhkan untuk komunikasi dalam memasarkan produk relatif besar.  Pada pemasaran Daring, biaya pemasaran bisa dikurangi dengan cara menggunakan web atau media sosial untuk berkomunikasi kepada calon pelanggan atau pelanggan setia.  Web perusahaan agar lebih interaktif dan memanjakan konsumen bisa dilengkapi dengan fasilitas chat Daring, sehingga tercipta komunikasi dua arah yang saling menguntungkan.  Komunikasi juga bisa dilakukan oleh konsumen menggunakan fasilitas email yang tersedia, dan pada perkembangannya bisa menggunakan media sosial seperti facebook, twitter dan Instagram sebagai media perantara antara konsumen dan perusahaan (fatkhul amin, unisbank)