Skip links

Pojok Bisnis Online: Kenali Media Online anda

Seperti ketika bekerja di dunia nyata atau offline maka tempat penyajian sebuah produk atau layanan menjadi perhatian utama oleh setiap usaha perorangan atau perusahaan. Hal ini karena produk atau jasa yang akan ditawarkan membutuhkan tempat display kepada konsumennya. Bagaimana memilih tempat, bagaimana mengatur dan merencanakan display suatu produk atau jasa betul-betul dipikirkan dengan matang agar membuat konsumen tertarik yang pada akhirnya akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Begitu juga di dunia online atau dunia maya, yang perlu dilakukan adalah hampir sama dengan di dunia nyata namun model dan bentuknya yang berbeda. Banyak sekali media online yang bisa digunakan oleh perorangan maupun perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa, namun demikian apakah semua media online dipilih untuk digunakan ?, dan jawabannya adalah tidak semuanya perlu digunakan. Perusahaan atau perorangan yang bergelut dalam dunia bisnis dan akan menawarkan produk atau jasanya menggunakan media online perlu untuk mengenali media online apa saja yang paling tepat untuk digunakan.

Bagaimana memilih media online yang paling tepat untuk digunakan ?, seperti kita ketahui bahwa media online seperti Website, blog, marketplace, toko online, media sosial banyak sekali dan menggiurkan untuk digunakan semuanya. Untuk itu perlu dilakukan segmentasi pasar tentang produk atau jasa yang ditawarkan dengan sebelumnya menguji produk sejenis yang ditawarkan, apakah bisa muncul di media-media online dan seberapa efektif bisa menarik konsumen.

Sebagai contoh, coba periksa menggunakan mesin pencari produk atau layanan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, apakah produknya muncul di halaman pencarian Teks ?, apakah produknya muncul di halaman pencarian Gambar ?, apakah produknya muncul di halaman pencarian Video ?, apakah produknya muncul di halaman pencarian Belanja ?. dengan melihat hasilnya, bisa dilakukan analisa sederhana untuk memilih media online yang paling sesuai untuk digunakan.