Apa itu Multimedia, Kenapa kita harus belajar Multimedia Diera sekarang.

unisbank

Multimedia, mungkin beberapa dari anda tidak asing dengan kata tersebut. Tapi apa sih multimedia itu?

Jika kita pahami dari kata penyusunya Multi dan Media. Maka dapat kita dapatkanya arti “Banyak Media”. Banyak media yang bisa digunakan atau dimanfaatkan dalam menyampaikan sebuah informasi (bisa berupa teks, gambar, animasi, audio, dan video).

Menurut wikipedia sendiri multimedia Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

Intinya adalah teknik untuk memanfaatkan media-media tersebut dalam untuk berkomunikasi dan menyampaikan sebuah informasi ke kebanyak orang.

Dalam multimedia banyak sekali bidang dan jenisnya yang bisa dipelajari. Ada yang namanya desain grafis, videografi, fotografi, animasi, dan bahkan pemrograman termasuk bidang dari multimedia itu sendiri.

 Karena ketika ketika melakukan sebuah pemrograman (coding) membuat sebuah aplikasi pasti disana terjadi yang namanya komunikasi dan pertukaran informasi antara pengguna dan aplikasi tersebut. Aplikasi yang dibuat itu bisa dibilang adalah medianya, dan aplikasi ini dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan sesuatu informasi maka pemrograman itu sendiri bisa dibilang bidang dari pemanfaatan multimedia.

Jadi multimedia itu tidak hanya desain grafis, fotografi dan videografi masih banyak lagi dan lebih luas ruang lingkupnya.Sadar atau tidak multimedia sudah masuk ke dalam kehidupan kita sebagai seorang manusia. HAMPIR setiap detik kita melihat pemanfaatan dari ilmu multimedia itu sendiri. Sebagai contoh ketika memulai hari dengan bangun tidur dan kita lanjut dengan mandi pagi.

Kita akan bertemu dengan yang namanya sabun mandi, odol, shampo dan peralatan mandi lainnya disana anda pasti melihat kemasannya bukan? Itu adalah pemanfaatan multimedia dalam bidang desain grafis dalam hal ini desain packaging suatu kemasan produk.

Salah satu faktor terbesar seseorang membeli suatu produk adalah kemasannya, semakin menarik suatu kemasan produk tersebut dan terlihat berbeda dibandingkan yang lain kemungkinan produk itu diambil dan dibeli pengunjung semakin besar. Karena yang kita lihat pertama kali ketika membeli suatu produk adalah kemasannya. Inilah kenapa desainer grafis dihargai mahal untuk sebuah desainnya.

Lanjut setelah mandi dan memakai baju, kita mungkin bisa bersantai-santai sedikit menonton tv sembari sarapan pagi. TV ini sendiri juga pemanfaatan multimedia dalam broadcasting.

Lalu kita berangkat kerja, sembari diperjalan kita menyalakan dan mendengarkan radio. Ini juga pemanfaatan multimedia dalam bidang audio. Lanjut melihat sekeliling diperjalan banyak kita temui baliho-baliho besar juga pemanfaatkan multimedia dalam bidang desain dan fotografi.

Kita tidak bisa lepas dengan yang namanya multimedia, multimedia ada disetiap waktu dan tempat kita berada. Hampir semua instansi dan perusahaan memanfaatkan multimedia itu sendiri. Untuk itu belajar ilmu multimedia seperti desain grafis, fotografi, videografi, dan lainnya sangat-sangatlah bermanfaat. Karena kita tahu sendiri multimedia itu dibutuhkan banyak orang, banyak dibutuhkan tenaga ahli multimedia.

Untuk itu tidak ada salahnya kita belajar ilmu multimedia, tidak ada kata terlambat untuk memulai belajar. Apalagi untuk mahasiswa yang satu langkah lagi menuju dunia usaha dan dunia industri. Ilmu multimedia ini sangat penting untuk dikuasai.

Lalu bagaimana caranya kita bisa belajar multimedia?

  1. Belajar otodidak melalui internet

Tidak bisa dipungkiri internet adalah sumber informasi terluas dan terlengkap saat ini, banyak tutorial mengenail multimedia diinternet anda bisa search di google ataupun youtube.

  • Bergabung dengan komunitas

Anda bisa bergabung dengan komunitas seperti komunitas fotografi, videografi, film dan lainnya. Dengan belajar bersama dikomunitas bisa jadi lebih berkembang karena ada teman untuk sharing dan praktek bersama. Di Unisbank sendiri anda bisa bergabung dengan UKM (unit kegiatan mahasiswa) Multimedia – One Forest disana diajarkan banyak ilmu tentang multimedia.

  • Ikuti workshop, talkshow, dan seminar multimedia

Tidak ada ruginya untuk mengikuti acara seperti workshop, talkshow dan seminar tentang multimedia. Pasti anda akan membawa ilmu baru sesuai acara tersebut karena bertemu dengan orang-orang yang memang expert dan berpengalaman dibidangnya.

  • Membaca buku

Walau terkesan jadul dan tidak milenial, buku masih menjadi sumber ilmu yang baik untuk belajar. Tidak ada salahnya anda ke perpus untuk meminjam beberapa buku tentang multimedia.

Itu dia sedikit penjelasan tentang apa itu multimedia, pemanfaat multimedia dalam kehidupan sehari-hari yang tanpa kita sadar, dan kenapa kita harus belajar multimedia di era sekarang.

Salam kreatif (Arif, One Forest)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter