Mengenal Lebih Dekat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNISBANK Semarang

pengurus ukm bai unisbank semarang latihan panahan

Memasuki dunia pendidikan pada jenjang perkuliahan, tentu kita akan menjumpai banyak sekali perubahan yang terjadi. Terutama untuk kamu yang baru memasuki dunia perkuliahan. Pasti rasanya sangat berbeda apabila dibandingkan dengan saat kita masih duduk di bangku sekolah. Salah satunya ialah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yang mana UKM adalah sebuah ruang khusus sebagai wadah untuk mahasiswa dalam mengembangkan minat dan menumbuhkan bakat.

Apa itu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)?

Bagi mahasiswa baru mungkin istilah UKM masih terdengar asing. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu lembaga kemahasiswaan wadah untuk para mahasiswa yang memiliki kecendrungan minat dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakurikuler positif di bawah naungan kampus.

Manfaat Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Mengikuti UKM tidak hanya sekedar tentang menyalurkan minat dan bakat, selain materi yang didapat pada bangku perkuliahan Kamu juga bisa mendapatkan feedback yang akan sangat berguna nantinya dengan berpartisipasi pada UKM. Ini beberapa manfaat saat kamu mengikuti UKM.

1.Menambah pengetahuan

Saat mengikuti suatu UKM, kamu jadi lebih mempunyai pemikiran yang terbuka. Karena lumrahnya dalam suatu UKM berisikan anggota dari berbagai jurusan yang berbeda-beda, hal ini sangat memungkinkan terjadi pertukaran wawasan dan antara kamu dengan anggota lainnya.

2. Pengalaman berorganisasi

Setiap UKM mempunya struktur organisasi dan kebijakan sendiri. Hal ini memungkinkan kamu mempelajari bagaimana cara mengatur waktu, menghargai orang lain dan tanggung jawab dalam mengurus suatu organisasi.

3. Menambah relasi

Karena UKM memiliki anggota dan latar belakang kegiatan yang berbeda-beda yang ini adalah peluang besar yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalin relasi dengan orang atau bahkan lembaga lain.

4. Mengisi waktu luang dengan kegiatan positif

Pernah mendengar istilah mahasiswa kupu-kupu? Yups benar sekali mahasiswa yang setelah perkuliahan langsung pulang di sebut dengan mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang) sebagai generasi muda yang memiliki mobilitas tinggi mengisi waktu dengan kegiatan yang positif adalah kesempatan emas bagi kita untuk bisa mempersiapkan diri menjadi manusia yang memiliki bekal cukup dimasa depan, dengan ilmu, pengalaman dan relasi.

5. Sebagai ajang untuk mengembangkan bakat

Pada umumnya UKM akan beranggotakan mahasiswa yang memiliki minat dan bakat sama seperti UKM Bulutangkis yang ada di UNISBANK Semarang, disini kalian bisa berlatih sekaligus berorganisasi dengan mahasiswa yang memiliki minat dan bakat pada segi olahraga bulutangkis.

UKM apa saja yang ada di UNISBAK?

  1. BAI AL-IKHSAN
  2. INTERNET CLUB
  3. MAPALAS
  4. ENGLISH CONVERSATION CLUB
  5. KSPM
  6. KANDANG MUSIK
  7. HIPMI
  8. FUTSAL
  9. VOLLEY
  10. BADMINTON
  11. TAEKWONDO
  12. PMK SION
  13. PKKMK

Dengan banyak-nya UKM yang ada di UNISBANK besar harapan bagi mahasiswa agar UKM di UNISBANK bisa semakin bersinar, hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Risma mahasiswa sekaligus anggota UKM KSPM UNISBANK

“1) Untuk mengadakan kegiatan atau event di ukm itu yg harus ada relasinya dgn skills anggota. Jadi bukan hanya sekadar ngadain event sbg ukm  aktif aja tp bener bener ngadain acara yg benefit utamanyaa itu kedepannya bakal bisa berguna terutama buat anggota ukm itu sendiri. Contohnya misal after kuliah atau wisuda setidaknyaa ada manfaat yg bener bener dpt dgn mengikuti event X sehingga ada bekal skill buat anggotanya. Contoh lg kalau di KSPM itu periode ini mau memastikan lg anggota biar ada akun saham dan bisa lakuin transaksi jadine kita insyaAllah lebih rutinkan event edukasi pasar modal.

2) Antar UKM bisa saling jaga silaturahmi. Artinyaa yaa disamping kita berlomba lomba buat jdi ukm yg aktif di kegiatan bahkan sampe berprestasi. Mungkin bisa juga dengan bisa lbh kolaborasi atau sekadar sharing antar UKM. Karena menurutku nanti biar bisa nambah relasi, akrab bahkan bisa bantu UKM yg memang masih merangkak dari awal.

3) Selain dari UKM, harapan ku juga soal pihak lembaga lebih mempermudah dan support kegiatan positif apapun yang akan dilaksanakan UKM tersebut. Banyak pihak yg harus terlibat biar tujuan utamanyaa bisa tercapai salah satunya buat unisbank lebih eksis dan bangga. Aamiin”

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru