Pelatihan Fotografi UKM Multimedia Ajarkan Komposisi dalam Fotografi dan Fotografi Smartphone

ukm multimedia

Pada 24 Januari 2020. UKM Multimedia One Forest mengadakan pelatihan rutin sesuai ujian akhir semester dilaksanakan. Pelatihan kali ini mengajarkan tentang fotografi dengan materi “Komposisi dalam Fotografi dan Fotografi Smartphone”. Pelatihan di  Studio Mini, Gedung PIP, Balaikota Semarang.

Pelatihan dimulai pukul 14.30 WIB dengan pemberian materi secara teori di ruang Studio Mini, di Gedung PIP Balaikota Semarang. Disana ditampilkan tentang teori komposisi dalam fotografi. Bahwa dalam memotret kita tidak asal jepret ada teknik komposisi agar foto yang diambil bisa terlihat menarik.

Seusai pemaparan materi anggota dipersilakan bertanya dan setelah itu bisa langsung praktek hunting foto dilingkungan sekitar balaikota untuk mencari objek yang menarik dan juga tidak lupa menerapkan teknik komposisi yang sudah diajarkan.

Pada pelatihan ini juga tidak mengharuskan foto dijepret melalu kamera dslr atau mirrorless karena point utama yang diutamakan disini adalah teknik komposisi bagaimana para anggota bisa peka terhadap objek menarik dan menaruhnya ditempat yang pas sehingga foto terlihat lebih menarik. Dan juga sebelumnya sudah diberikan beberapa tips untuk memotret melalui smartphone agar hasil bisa maksimal.

Setelah kurang lebih 1 jam waktu untuk hunting foto, para anggota kembali berkumpul distudio mini.

Disana tiap anggota mengirimkan 1 foto terbaik mereka untuk dinilai dan diberikan masukan secara bersama-sama. Disini anggota juga diminta memberi tahu teknik komposisi yang digunakan dan yang beruntung mendapatkan sedikit hadiah dari pengurus.

Ada juga hadiah untuk 1 foto favorit yang terbaik dipilih berdasarkan vote para anggota yang datang berdasarkan tepuk tangan mereka.

Ada juga hadiah untuk 1 foto favorit yang terbaik dipilih berdasarkan vote para anggota yang datang berdasarkan tepuk tangan mereka.

Berikut beberapa hasil foto favorit dari hasil pelatihan ini:

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para anggota menjadi lebih bisa mengambil foto dengan angle dan komposisi yang menarik walau hanya menggunakan kamera smartphone.

Salam kreatif. (arif, One Forest)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter