PERENCANAAN PENINGKATAN KUALITAS PRAMUSAJI DALAM PELAYANAN DI FOOD AND BEVERAGE

  • Ndaru Prasastono

Abstract

Hotel merupakan usaha jasa pelayanan yang cukup rumit pengeloaannya, dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dipergunakan oleh tamu-tamunya selama 24 jam untuk hotel berbintang empat dan lima. Untuk menciptakan kepuasan tamu, maka perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan melalui sumber daya manusia yang memiliki ketrampilan yang baik dan profesional. Oleh karena itu, seorang pramusaji memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pelayanan makanan dan minuman, karena keberhasilan pelayanan tidak muncul dari pihak manajemen tapi dari tamu itu sendiri, sehingga kualitas pelayanan yang diberikan hendaknya dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu dalam menentukan kebutuhan pramusaji, perlu adanya perencanaan yang baik, bertahap, terpadu dan terarah, sehingga apa yang menjadi tujuan food and beverage dapat terlaksana dengan baik yaitu kepuasan tamu.

 

Key words : Quality of Service, Waiter/Waitress

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed