Skip links

INTERNATIONAL STUDENTS CONFERENCE DI SASTRA INGGRIS FBIB UNISBANK SEMARANG

 

 Fakultas  Bahasa dan Ilmu   Budaya  (FBIB UNISBANK)  menggelar  acara rutin  tahunan :  Students  Conference  yang ketiga     secara  daring dan  dirancang go International berbeda  dengan  tahun-tahun sebelumnya dengan  mengundang  Keynote Speaker dari America dan Australia Sabtu, 21 Agustus 2021 dengan   mengusung tema Digital Transformation in Linguistics and Literature.” yang dilaksanakan  melalui Zoom Meeting  dan diikuti peserta mahasiswa dari berbagai kota dan negara.

Dipandu oleh Moderator handal, Drs. Liliek Soepriatmadji, M.Pd., Empat  Narasumber  yang luar biasa  berbicara pada Plenary Session, adalah  Jonathan Moore, PhD,  dosen Internasional   di bidang  Sastra dan Budaya  Inggris   dari Amerika yang sedang bertugas  sebagai dosen di UKSW Salatiga  dan  Joseph Lamont, PhD,     film maker,  dan researcher dari Australia   yang memiliki  concern di bidang pembuatan  film,  audio visual  specialist dan   manager pada sejumlah proyek di Sumba  dan   daerah lain. Tak kalah hebatnya adalah Theresia Enny Anggraini, PhD, dosen senior  di UNSADHAR Yogyakarta   memiliki concern di bidang Sastra Anak, begitu juga,  Dr. Agnes Widyaningrum , S.E., S.Pd  M.Pd  sekaligus   saat ini menjabat sebagai Kaprogdi Sastra Inggris  yang memiliki concern  di bidang  digital learning  dalam pembelajaran  Bahasa  dan Sastra  Inggris .

Berkenan memberikan sambutan selamat datang adalah Wakil Rektor IV, Dr. Ellen Puspitasari,M.Si yang sekaligus merupakan bentuk full support dari Universitas terhadap kegiatan yang luar biasa ini.  Dalam sambutan pembukaanya, Dekan FBIB UNISBANK Semarang, Endang Yuliani Rahayu, S.S, M.Pd berharap Konferensi ini  akan mampu menjadi forum ilmiah tahunan yang mengusung tema-tema krusial sesuai dengan dinamika sosial dan budaya. Pelaksanaan yang berkelanjutan akan sangat bermanfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan khususnya pada lingkup kajian sastra Inggris dan linguistik di Indonesia. Lebih lanjut  Endang  berharap acara  ini akan semakin membuka  wawasan  mahasiswa  untuk  meningkatkan daya saing  di tingkat  internsional.

Parallel Session, yang merupakan ajang unjuk kompetensi mahasiswa, secara keseluruhan dipandu oleh mahasiswa. Keluar sebagai the best presenter adalah Rina Puji Lestari dan the best paper Amalia Marpice Zaelorent, dari  seluruh pemakalah.

Ketua pelaksana, Dr Sugeng Purwanto MA, saat menutup acara ini, menegaskan bahwa  Students Conference merupakan ajang bagi  mahasiswa  untuk berlatih  menyajikan  hasil penelitiannya  pada   seluruh peserta  yang  berasal  dari berbagai  universitas  sekaligus  merangsang  mahasiswa  untuk selalu meningkat kebiasaan   critical reading and thinking dalam kehiduan keseharian. (Endyul/Sgp)