Bina Desa FTI

FTI UNISBANK

Bina Desa FTI adalah program kerja dari BEM-FTI Unsibank yang bekolaborasi dengan himpunan yang ada di Fakultas Teknologi Informasi. Ada 3 himpunan yang ikut berkolaborasi yaitu : HMPS-SI, HMPS-TI dan HMPS-MI.

Dulu sebelum ada nya kegiatan Bina Desa ini, masing – masing himpunan mempunyai program kerja hampir mirip seperti kegiatan Bina Desa yaitu kegiatan Pengabdian Masyarakat. Yang membedakan kegiatan Bina Desa dan Pengabdian Masyarakat adalah jangka waktu pelaksanaan dan manfaatnya. Pengabdian masyarakat sendiri biasanya dilakukan di desa dan  pelaksanaannya biasanya dilakukan beberapa hari saja dan tidak dilakukan secara bertahap. Jadi bisa dikatakan kegiatan Pengabdian masyarakat kurang bisa maksimal untuk manfaatnya dirasakan warga di desa yang dilakukan kegitan tersebut. Beda dengan Bina Desa, Bina Desa sendiri tidak dilakukan beberapa hari saja melainkan dilakukan secara bertahap dan terfokus ke salah satu desa binaan. Jadi bisa dikatakan kegiatan Bina Desa tidak dilakukan di tempat yang berubah – ubah melainkan  terfokus di satu desa saja. Beda halnya dengan Pengabdian Masyarakat yang biasanya berpindah – pindah tempat. Dengan hanya terfokus dengan satu desa saja kemanfaatan yang dirasakan warga di desa tersebut akan maksimal karena kegiatan Bina Desa dilakukan secara bertahap dan tidak dilakukan beberapa hari saja melainkan bisa tiap satu bulan sekali atau 2 bulan sekali dalam melakukan kegiatan. Dengan konsep seperti ini desa binaan bisa terus di kontrol dan bisa dilihat perkembangan desa tersebut.

Maka di tahun 2019 BEM-FTI unisbank membuat program kerja Bina Desa dengan tujuan yang biasanya dari masing – masing himpunan di Fakultas Teknologi Informasi mengadakan program kerja Pengambdian Masyarakat diajak untuk berkolaborasi dalam program kerja Bina Desa. Kolaborasi ini bertujuan untuk memupuk tali persaudaraan antar program studi yang ada di Fakultas Teknologi Informasi serta agar manfaat dirasakan desa binaan akan  lebih maksimal.

Bina Desa FTI tahun 2019 dilaksanakan di daerah Mangkang, Semarang atau sering disebut dengan daerah 3M ( Mangunharjo, Mangkang wetan, Mangkang kulon ). Bertemakan “Pengembangan Potensi Melalui Gerakan Desa Mawas Teknologi dan Budaya Bahari Pantai Mangunharjo Mangkang”. Kegiatan berlangsung 3 hari 2 malam di mulai pada Hari Jumat 16 Agustus 2019 sampai 18 Agustus 2019

Anjar saputra

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter