Skip links

Gunakan Virtual Account, Mahasiswa dan Orang Tua Mahasiswa Unisbank jadi lebih mudah mambayar uang kuliah

Semarang(25/06). Mulai bulan juni 2019, mahasiswa unisbank tak perlu lagi mengantri untuk melakukan pembayaran kuliah. Saat ini Unisbank memberikan fasilitas kepada mahasiswa berupa pembayaran kuliah melalui Virtual Account (VA).

Menurut Wakil Rektor Bidang Keuangan, Dr. Bambang Sudiyatno, semua transaksi pembayaran uang kuliah mahasiswa sudah menggunakan Sistem Virtual Account dari Bank BCA. Penggunaan sistem VA ini selain memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran juga bisa mempercepat data pembayaran masuk ke dalam Sistem Informasi Keuangan di kampus.

“Selain itu orang tua juga dapat membayarkan uang kuliah secara langsung tanpa harus dititipkan kepada anak nya” tambah Bambang.

Melalui sistem VA ini maka mahasiswa bisa melakukan pembayaran menggunakan berbagai metode pembayaran modern seperti transfer melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking, sehingga mahasiswa tidak perlu lagi antri di teller Bank BCA untuk melakukan pembayaran, meskipun pembayaran melalui teller juga masih bisa dilakukan. Pembayaran melalui teller Bank tetap bisa dilakukan hanya caranya lebih sederhana, yaitu tanpa mengisi formulir setoran seperti biasanya, cukup langsung memberitahukan nomor VA yang akan dibayar kepada petugas teller Bank. Dan kemudian dilaporkan ke bagian keuangan kampus.

Sistem integrasi VA dengan sistem keuangan di kampus ini dikembangkan oleh Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Unisbank. Project ini dipimpin oleh Jefri Alfa Razak, M.Kom yang juga sebagai dosen di Fakultas Teknologi Unisbank.

Menurut Jefri, ini adalah pengembangan dari sistem sebelumnya yang sudah ada. Yang tadinya mahasiswa membayar melalui teller Bank saat ini mahasiswa langsung menerbitkan VA dan dapat membayar dengan metode apa saja.

Rektor Unisbank, Dr. Safik mengatakan bahwa Unisbank saat ini selalu berbenah dan berupaya untuk menjadikan kenyamanan bagi mahasiswa khususnya juga orang tua. “beberapa waktu lalu di lansir program aplikasi Smart campus versi mobile android, sekarang diluncurkan sistem Virtual Accountu untuk pembayaran Kuliah”