Skip links

Pengertian Domain

Hallo semua kali ini kita akan membahas apa sih itu domain? Pasti beberapa dari kalian mengetahui secara umum domain itu apa. Tapi bagi kalian yang baru tertarik di dunia website pasti kamu penasaran nih, apa itu domain? Domain dalam website diasumsikan sebagai alamat fisik dari website kamu, seperti kamu yang tinggal dirumah mu yang merupakan alamat fisik yang menjadi acuannya adalah nama jalan, negara, kode pos dan lain sebagainya. Sama halnya dengan website yang diibaratkan rumah, memiliki alamatnya tersendiri. Nah dari sekian banyak alamat domain yang ada di Internet untungnya sudah ada lembaga/organisasi yang mengurusi dan menentukan kesiapan dari nama domain yang akan kita pakai. Organisasi ini bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) organisasi ini merupakan sebuah organisasi non-profit yang berdiri pada 1998 yang bermarkas di Los Angeles Amerika serikat.                                                                                                                                                                                                                                                          

Nama domain besifat unik, tidak boleh terdapat nama domain yang sama antara 1 web dengan web lain. Domain yang sangat populer ialah domain yang mempunyai ekstensi“. com“. Top tier Domain TLD ialah jenis domain paling tinggi dalam struktur DNS di internet. Contoh dari TLD merupakan. id,. com,. website serta lain- lain. Country Code Top tier Domains CCTLD ialah domain yang bersumber pada penamaan geografis sesuatu negeri semacam. id buat Indonesia,. us buat United States. Generic Top Tingkat Domain GDTL ialah domain universal yang bisa digunakan oleh siapapun. Premium Top tier Domain PTLD ialah domain yang penamaannya bisa di custom. Second tier domain ialah nama domain yang kalian daftarkan. Third tier Domain pula diketahui dengan istilah sub domain. Kata“ news” ialah third tier domain ataupun sub domain.

Domain tersimpan di sebuah web server ato yang biasa kita sebut hosting. Hosting ini berfungsi sebagai penyimpanan fisik dari domain kalian, yang menyimpan file-file dan database dari website kalian. Web server ini juga nanti yang memenuhi permintaan dari orang yang membuka situs kalian.

Sekian dulu artikel kali ini semoga penjelasan tentang domain ini bisa memberikan kalian pencerahan ya temen temen 😀