Skip links

Workshop Pengelolaan Server Dan Manajemen Jurnal

Sebagai rangkaian kegiatan Hibah Detasering 2022 yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Pertisas Universitas Stikubank menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Server Dan Manajemen Jurnal.

Kegiatan kali ini dilaksanakan di Hotel @HOM Semarang pada tanggal 24-25 November 2022. Narasumber pada kegiatan ini adalah Yogiek Indra Kurniawan, S.T., M.T dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Aziz Muslim (Universiti Tun Hussein Onn Malaysia). Dengan pengalaman mereka mengelola jurnal yang sudah terindek Scopus dan Sinta, kedua narasumber membagikan pengalamannya kepada para pengelola jurnal di Universitas Stikubank.

Workshop kali ini bersifat sedikit teknis, dimulai dari instalasi Open Jurnal System (OJS) dan konfigrasi standar yang diperlukan untuk menjalankan program OJS. Untuk praktek peserta telah disediakan OJS online yang dapat digunakan sebagai bahan percobaan atau praktek.

Dalam hal publikasi jurnal, Digital Object Identifier (DOI) sangat penting. DOI adalah suatu pengenal yang digunakan dalam dokumen elektronik yang biasa digunakan dalam artikel ilmiah. Konfigurasi DOI adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh pengelola jurnal online. Peserta workshop ini dilatih untuk dapat mengatur konfigurasi DOI pada sistem OJS masing-masing.

Diakhir sesi, peserta diberikan materi proses pengelolaan jurnal mulai dari submit artikel, proses review, proses accepted/decline, copyediting dan proses produksi artikel.  Pengelolaan jurnal yang baik akan membantu pengelola pada saat akreditasi jurnal. Ada 8 (delapan) instrumen evaluasi diri yang digunakan dalam akreditasi, yaitu:

  1. Penamaan Jurnal Ilmiah
  2. Kelembagaan Penerbit
  3. Penyuntingan Dan Manajemen Jurnal
  4. Substansi Artikel
  5. Gaya Penulisan
  6. Penampilan
  7. Keberkalaan
  8. Penyebarluasan

Leave a comment