PELATIHAN FACEBOOKS ADS MANAGER DALAM PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI DESA SIJERUK KECAMATAN SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN

  • Kasmari Kasmari Universitas Stikubank
  • Lie Liana
  • Suzy Widyasari
  • Sri Sudarsi
  • Batara Daniel Bagana

Abstract

Abstrak

Pada endemic setelah Covid 19 banyak masyarakat yang kena dampak dari Covid tersebut. Banyak masyarakat juga kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji. Dari sebagain masyarakat yang kena berusaha dengan membuka usaha melalui UMKM. Salah satunya di Desa Sijeruk Kabupaten Pekalongan, dimana banyak berdiri berbagai UMKM seperti usaha; pabrik tahu, warung kelontong, konveksi pakaian, usaha pembibitan tanaman, dan usaha lain. Namun demikian usaha mereka dikelola secara tradisional demikian juga dalam hal pemasaran. Melalaui pelatihan facebooks Ads Manajer ini hiharapkan usaha mereka bisa memanfatkan iklan facebooks ads. Sehingga mereka dapat memperoleh manfaat peserti; Meningkatkan Kesadaran Merek, Meningkatkan Jangkauan dan Keterlibatan, Membangun Hubungan dengan Pelanggan, Mengumpulkan Data dan Analisis.  Metode yang digunakan pada PKM ini adalah kaji tindak partisipatif dengan tahapan dimulai dengan identifikasi dan analisis permasalahan mitra. Dilanjutkan dengan menyusun rencana solusi, penyiapan kebutuhan, pembuatan modul, pengadaan fasilitas, pelaksanaan pelatihan, pendampingan operasional, monitoring dan evaluasi, serta dokumentasi hasil. Dari hasil pelatihan tersebut para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya menggunakan fasilitas facebooks Ads Manajer, sehingga jangkauan pasar lebih terbuka lebar dan jumlah konsumen sangat meningkat dibandingkan menggunakan sistem pemasaran tradisional.

Keywords: Facebooks Ads Manajer, Pengembangan Pemasaran, UMKM

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed